Belajar PPKN Online Dengan Aplikasi Google Form

Oleh: Dra. Dwi Karmiati

spot_img

RADARSEMARANG.ID, WABAH Corona sampai saat ini masih ada di muka bumi kita. Hal ini membuat kegiatan belajar mengajar disekolah belum dapat dilaksanakan secara tatap muka seperti biasanya. Ditahun pelajaran 2021/2022 ini guru harus masih mengajar secara daring.

Pembelajaran dengan sistem daring mengajak guru untuk lebih kreatif dan inovatif untuk memilih aplikasi daring agar peserta didik tetap semangat belajar. Tentu banyak sekali pilihan aplikasi daring yang dapat digunakan mulai dari WhatsApp Group, google form, googlee classroom, Zoom Cloud dan lain-lain. Dengan aplikasi tersebut guru harus dapat menciptakan kondisi belajar mengajar yang dapat mengantar siswa ke tujuan pendidikan.

Semua aplikasi tentu saja memiliki kelebihan masing-masing yang pada prinsipnya akan sangat maksimal penggunaannya apabila sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang ada. Secara khusus seperti google form yang merupakan salah satu produk dari google dari kategori produk google docs. Google form merupakan web base application yang memberikan layanan untuk membuat form input untuk berbagai kepentingan seperti membuat survey, buku tamu, pengumpulan data, dan lain sebagainya. (Oya Suryana : 2018).

Google form sendiri memiliki layanan google docs yang memberikan layanan aplikasi word processor secara online serta gratis, mirip seperti microsoft word. Ada juga layanan google sheets yang memberikan layanan aplikasi spreedshet secara online secara gratis, mirip seperti microsoft excel. Serta ada juga Google slide yang memberikan layanan aplikasi presentasi secara online serta gratis, mirip seperti microsoft power point.

Baca juga:   Saintifik Dalam Pembelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti

Berdasarkan dari fungsi dan fitur yang dimiliki oleh google form (form generation) maka guru bisa memanfaatkan untuk membuat soal online dan penilaian online yang bisa digunakan dalam membantu mengukur keberhasilan proses pembelajaran peserta didik.

Dalam proses pembelajaran online seperti yang telah penulis laksanakan di SMP Negeri 3 Kajen, Kabupaten Pekalongan pada Mata Pelajaran PPKN kelas VIII, KD.1.1.Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Pada praktiknya penggunakan aplikasi google tidaklah rumit, calon pengguna cukup dengan membuat akun gmail dan bisa langsung menggunakan google form dengan segala fasilitasnya bagi pengguna personal Computer (PC) dan Laptop. Secara teknis fungsi dasar dari fitur-fitur google form bisa di modifikasi menjadi aplikasi pembuat soal dan penilaian online.

Soal online yang disediakan bisa berupa pilihan ganda, jawaban ringkas, essay dan penugasan. Bahkan google form juga menyediakan fitur-fitur unggahan gambar dan video apabila guru menginginkan soal terkait analisa gambar atau video. Untuk lebih lengkapnya, guru dan peserta didik bisa mempelajari lebih lanjut tutorial penggunakaan google form dari berbagai kanal seperti youtube, setelah itu bisa langsung mengakses https://docs.google,com/form/u/0/ dan mulailah berinovasi dengan segala fitur yang disediakan oleh google form.

Baca juga:   Pembelajaran Bahasa Indonesia di Tengah Pandemi Covic-19

Pada dasarnya semua proses pembelajaran daring atau jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Dalam hal ini seluruh tenaga pendidik tetap menjalankan perannya untuk mengajar peserta didik meskipun tidak tatap muka langsung, dan pemanfaatan aplikasi seperti google form untuk kelancaran proses pembelajaran sangat dibutuhkan agar materi dan segala aktifitas belajar mengajar tetap bisa berlangsung sebagai mana mestinya. Dengan harapan prestasi belajar siswa meningkat meskipun dengan pembelajaran online. (ra1/zal)

Guru SMPN 3 Kajen, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya