Bulan Islami Tingkatkan Disiplin Ibadah di Masa Pandemi

Oleh : Risti Marlina, S.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dampak pandemi Covid-19 membuat proses kegiatan belajar-mengajar (KBM) dilaksanakan secara daring (online). Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran virus korona di lingkungan sekolah.

Sebelum terjadi wabah Covid-19, kegiatan pembiasaan ibadah di sekolah dasar meliputi salat Duha, salat Duhur berjamaah, hafalan surat pendek dan membaca asmaul husna sebelum pembelajaran sudah berjalan rutin. Namun semenjak pandemi, kegiatan pembiasaan di sekolah dasar menjadi vakum.

Terlebih pada kondisi saat ini banyak orang tua yang teramat sibuk bekerja. Tentu mereka tak bisa mengawasi langsung kegiatan anak-anaknya. Akibatnya, semangat peserta didik dalam melakukan pembiasaan ibadah menjadi menurun.

Hal ini berpengaruh terhadap pembentukan karakter dan kepribadian peserta didik. Karena pada dasarnya apabila ibadah anak baik, maka pendidikan karakternya juga menjadi baik. Sebab anak mengetahui yang baik dan buruk tidak hanya dari sudut pandang agama tetapi juga dari sudut sosialnya.

Menurut Sadiman (2006:6) media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

Motivasi sering dikaitkan dengan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu dalam hal ini adalah keinginan untuk mencapai tujuan. Seperti yang diungkapkan oleh Imron (1998: 87) yang menyatakan motivasi berarti mendorong, menyebabkan, dan merangsang seseorang untuk berbuat.

Baca juga:   WAG Mempermudah Pembelajaran Segi

Berdasarkan definisi tersebut bisa dikatakan bahwa motivasilah yang menggerakkan seseorang untuk berbuat dan bertindak sampai meraih apa yang diinginkan. Dapat disimpulkan media berfungsi sebagai alat untuk memotivasi peserta didik dan media yang menarik dapat meningkatkan motivasi pada diri peserta didik.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990:135) buletin yaitu media cetak berupa selebaran atau majalah, berisi warta singkat atau pernyataan tertulis yang diterbitkan secara periodik oleh suatu organisasi atau lembaga untuk sekelompok profesi tertentu.

Menurut Onong U. Effendy (1990:8) buletin sebagai media komunikasi yang berfungsi menginformasikan, mendidik, mempengaruhi dan menghibur. Sedangkan hubungan buletin dan komunikasi menurut Oemi Abdurachman (2001:34) adalah salah satu bentuk komunikasi persuasif dan informatif yang dapat dilakukan melalui brosur-brosur, surat-surat atau buletin. Media tersebut dapat menyampaikan pesan kepada orang dalam waktu yang singkat. Buletin adalah terbitan berkala yang dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan terbitan berkala ini adalah salah satu media informasi yang efektif.

Buletin anak islami merupakan salah satu media dakwah untuk menumbuhkan motivasi peserta didik dalam meningkatan kegiatan pembiasaan ibadah di masa pandemi Covid 19. Buletin ini sebagai media dakwah yang mampu menumbuhkan dorongan, semangat dan motivasi peserta didik dalam rangka melaksanakan kegiatan pembiasan ibadah di rumah.

Baca juga:   Belajar IPS Menyenangkan dengan Metode Student Hearing

Buletin ini memuat cerita-cerita teladan nabi, kisah inspiratif dari tokoh-tokoh Islam dan karya siswa yang bergenre islami yang mampu menumbuhkan semangat peserta didik dalam melaksanakan pembiasaan ibadah di rumah pada masa pandemi Covid-19.

Selain media dakwah, juga mampu meningkatan motivasi sebagai media untuk menumbuhkan minat baca peserta didik. Buletin ini dikemas dalam bentuk yang berbeda. Bahasanya mudah dicerna, penyajiaannya disertai gambar berwarna-warni dan setting cerita di zaman dahulu membuat siswa lebih penasaran untuk membacanya.
Dengan kegiatan buletin anak islami di SD Negeri Paremono 4 Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang mampu menumbuhkan semangat peserta didik terutama dalam melaksanakan ibadah di rumah selama pandemi Covid-19. Sekaligus sebagai wadah gerakan literasi anak melalui kegiatan membaca bersama yang diterbitkan setiap hari Jumat. Ke depan diharapkan dengan buletin ini mampu membentuk karakter peserta didik yang berkepribadian islami. (pm1/lis)

Guru PAI SDN Paremono 4, Kec. Mungkid, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya