Pembelajaran Tatap Muka Virtual melalui Zoom Meeting

Oleh: Afianie Halim Sawarso, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Zoom meeting merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan pendidik untuk pembelajaran tatap muka secara virtual dengan siswa. Menurut Susanto dan Akmal (2018), aplikasi pembelajaran merupakan suatu terobosan baru media pembelajaran yang memberikan kebebasan mutlak bagi peserta didik untuk mengoperasikannya.

Pembelajaran merupakan roh dari pendidikan. Selama ini, pembelajaran dilakukan secara tatap muka langsung antara guru dan siswa di dalam ruang kelas. Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran tidak dapat dilakukan dengan cara yang sama, namun dilakukan secara daring.

Pendidik perlu mencari cara yang tepat untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu bentuk invoasi pembelajaran tersebut dalah dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.

Aplikasi zoom meeting merupakan sebuah aplikasi gratis yang memiliki fungsi untuk berkomunikasi dengan menggunakan video dan audio melalui jaringan internet. Aplikasi ini dapat diunduh di google playstore. Pembelajaran melalui zoom meeting dapat dilakukan di handphone maupun di laptop.

Untuk kelancaran pembelajaran daring di SD Negeri Kemirirejo 3 Kota Magelang terutama di kelas 5, pendidik menggunakan aplikasi pembelajaran zoom meeting. Banyak kelebihan yang dapat dirasakan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran tatap muka virtual menggunakan aplikasi zoom meeting.

Baca juga:   Mengembangakan Konsep Diri Positif melalui Bunga Diri

Melalui aplikasi ini, pendidik dapat menyampaikan materi secara langsung kepada peserta didik. Pendidik dapat menyapa dan berkomunikasi secara bebas dengan siswa. Pembelajaran yang dilakukan pun tidak membosankan, karena pendidik dan peserta didik dapat bertanya jawab secara langsung. Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan nyaman dari rumah.

Banyak peserta didik kelas 5 di SD Negeri Kemirirejo 3 yang menunjukkan semangat dan antusiasme tinggi dalam pembelajaran melalui zoom meeting. Peserta didik dapat merasakan pembelajaran dengan cara yang baru. Fasilitas handphone yang semula digunakan untuk bermain game atau menonton video sekarang digunakan untuk pembelajaran secara formal.

Zoom memiliki kapasitas ruang yang besar. Aplikasi ini dapat menampung sebanyak 1.000 orang dalam satu ruang pertemuan untuk kegiatan diskusi bersama. Pendidik tidak akan kekurangan ruang apabila ingin mengajar semua siswa di sekolah sekaligus.
Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini pun beragam. Terdapat fitur menghidupkan dan mematikan gambar serta suara. Peserta didik dapat mengatur fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan. Agar tidak mengganggu guru ketika memberikan materi, peserta didik dapat mematikan fitur suara. Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan ketika pembelajaran sedang berlangsung.

Baca juga:   Memodifikasi Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Daring

Fitur lain yang penting dalam pembelajaran adalah pendidik dapat menyampaikan materi dalam berbagai bentuk file melalui share screen. Dengan fitur ini, pendidik dapat membagikan tampilan materi dari desktop atau handphone kepada peserta didik.
Siapapun dapat menggunakan zoom meeting secara gratis dengan batas waktu empat puluh lima menit. Namun apabila pendidik memutuskan untuk memiliki akun berbayar, maka tidak ada batas waktu penggunaan aplikasi tersebut.

Kekurangan yang dirasakan oleh pendidik dan peserta didik sewaktu menggunakan zoom meeting adalah platform ini memerlukan jaringan internet yang kuat. Apabila peserta didik berada di daerah dengan jaringan internet yang lemah, maka siswa kesulitan mengikuti pembelajaran. Selain itu, penggunaan zoom meeting membebani peserta didik dalam hal kuota internet (pulsa data). Aplikasi ini menyerap kuota data yang cukup banyak.

Dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, penggunaan aplikasi zoom meeting untuk pembelajaran dirasa memudahkan pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Melalui aplikasi ini, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan nyaman dari rumah masing-masing. (dd2/lis)

Guru SD Negeri Kemirirejo 3 Kota Magelang

Author

Populer

Lainnya