Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika dengan Zoomet Prakas Dimaspande

Oleh : Neni Junaeda S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Matematika merupakan ilmu yang sangat penting dalam segala aspek kehidupan manusia. Matematika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya menghitung uang saku, menghitung uang untuk membeli sesuatu, menghitung simpan pinjam dan lain sebagainya. Sehingga jika ada siswa yang ingin menghindari belajar matematika sebenarnya sangat disayangkan. Krena profesi apa saja matematika sangat berguna bagi semua orang.

Guru dituntut melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai konsep matematika. Siswa menjadi lebih senang dan bersemangat, merasa nyaman dan tidak adanya rasa takut dalam belajar matematika. Pembelajaran matematika yang menyenangkan bisa diawali dengan menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, kondusif dan juga pembelajaran bermakna. Yaitu dengan mengkaitkan pengetahuan baru dengan pengetahuan lama yang dimilikinya dengan penggunaan berbagai media dan strategi pembelajaran yang tepat dan dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Zoomeet Prakas Dimas Pande adalah salah satu terobosan pembelajaran di masa pandemi. Yaitu pembelajaran melalui Zoom Meeting dan Prakasita Classroom di masa pandemi.

Tantangan dan strategi pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi Covid-19 sebagian guru matematika perlu meningkatkan penguasaan teknologi dalam mengoperasikan berbagai aplikasi pendukung proses pembelajaran. Di sekolah diadakan pelatihan bagi guru sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi perubahan proses pembelajaran yang awalnya dilakukan secara konvensional dengan tatap muka secara langsung di kelas.

Baca juga:   Pembelajaran Matematika Aritmatika Sosial dengan Anchored Instruction

Namun sekarang dilakukan secara virtual menggunakan berbagai macam aplikasi seperti: Whatsapp grup, Prakasita Classroom, Geogle form, Youtube dan lain sebagainya. Berbagai pelatihan online melalui zoom meeting banyak diikuti sehingga membantu guru matematika dalam menerapkan metode pembelajaran agar tidak membosankan khususnya di masa pandemi.

Tidak hanya sebatas memberikan materi melalui Prakasita Classroom atau Whatsapp grup, guru dan siswa tetap dapat berinteraksi melalui aplikasi Zoom meet. Meskipun saat Zoom meet masih banyak kendala, seperti kondisi jaringan internet yang buruk, perangkat elektronik yang tidak support dan kondisi lainnya, akan tetapi hal ini setidaknya memberikan warna bahwa pembelajaran daring bisa dilaksanakan meski tidak optimal tetapi tetap optimis bahwa hal ini mampu mendorong dan membangkitkan semangat peserta didik.

Selanjutnya pengembangan kreativitas guru dalam mendesain PJJ yang baik dan bagaimana mengajarkan matematika dapat bermakna bagi siswa secara virtual melalui zoom meeting. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan diskusi tentang materi yang dipelajari agar siswa aktif dan terbiasa berpikir untuk selalu mencari tahu dan mengaitkan segala sesuatu dengan kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran ini menjadi bagian penting karena kontrol guru secara virtual akan berbeda dengan kontrol orang tua yang mendampingi anak belajar dari rumah.

Baca juga:   Belajar Prakarya dengan Membuat Media Peta Konsep Mandiri

Penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi melalui Zoomeet Prakas Dimaspande dilakukan oleh guru untuk memacu semangat dan ketertarikan siswa untuk mempelajari matematika secara daring. Tidak dapat dipungkiri pembelajaran daring belum dapat dilaksanakan secara maksimal seperti biasa yang lakukan guru di sekolah. Namun, perlu memberikan apresiasi bahwa guru tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik yaitu mendidik dan mengajar di tengah pandemi yang sekarang kita hadapi. Guru tetap optimistis bahwa berbagai kesulitan dan hambatan dalam pembelajaran secara daring, dapat memacu semangat guru untuk bersama-sama melakukan inovasi demi kemajuan pendidikan di tanah air. (dd2/lis)

Guru SMP Negeri 2 Salatiga

Author

Populer

Lainnya