Evaluasi Pembelajaran Tematik Lebih Menarik dengan Quizizz

Oleh : Maemonah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di masa pandemi Covid-19 saat ini, sistem pembelajaran daring menjadi sebuah pilihan satu-satunya bagi institusi pendidikan. Dengan sistem pembelajaran daring ini bukan berarti guru melaksanakan pembelajaran seadanya dengan memanfaatkan berbagai fitur teknologi informasi.

Pada kegiatan evaluasi pembelajaran tematik moda daring di kelas IV SD Negeri Mangunsari 07 Kota Salatiga, tidak jarang tugas yang diberikan guru tidak dikerjakan oleh peserta didik sendiri. Banyak dijumpai, orang tua membantu mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab para peserta didik. Bahkan ada pula yang sepenuhnya dikerjakan oleh orang tua.

Hal ini tentu saja membuat kita sebagai guru menjadi miris karena sebenarnya bukan faktor nilai yang menjadi poin utama kita. Tetapi ada nilai karakter jujur, mandiri, dan tanggung jawab yang ingin kita sisipkan pada pemberian tugas tersebut.

Penilaian dalam pembelajaran tematik adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar (Depdiknas, 2006: 14). Sedangkan game edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan dalam memberikan pengajaran yang berupa permainan dengan tujuan untuk merangsang daya pikir dan meningkatkan konsentrasi melalui media yang unik dan menarik (Handriyanti, 2009).

Baca juga:   Belajar Recount Jadi Seru melalui Medsos

Game edukasi digital quizizz merupakan salah satu media evaluasi pembelajaran moda daring yang diintegrasikan dengan soal-soal evaluasi game menyenangkan serta latihan untuk memecahkan masalah logika sehingga peserta didik terbiasa aktif berpikir, belajar dan berlatih walaupun berada di rumah.

Pelaksanaan evaluasi pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Mangunsari 07 Kota Salatiga dengan quizizz memiliki prosedur sebagai berikut : pertama, persiapan evaluasi pembelajaran dengan membuat akun dan soal di quizizz dengan masuk ke www.quizizz.com lalu sign up menggunakan akun google kita.

Pilih peran sebagai (pembuat soal)/guru dan lengkapi data, klik open quiz creator isikan nama kuis kemudian buatlah pertanyaan, pilihan jawaban, dan mengatur jawaban yang benar. Question preview akan menampilkan soal yang sudah dibuat, bisa menambahkan soal baru dan klik finished bila sudah selesai, pilih grade atau tingkatan kelas berapa, subjek atau mata pelajaran, klik finish and create quiz. Kuis dapat ditampilkan langsung di kelas atau untuk PR, setting kuis dan klik proceed. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan kuis kepada siswa dengan cara klik live game, soal dan pilihan jawaban bisa diacak dan disetting waktunya. Minta siswa klik join.quizizz.com di browser gawai masing-masing untuk mengerjakan soal bisa juga dengan klik aplikasi quizizz yang sudah diinstall melalui playstore dengan memasukkan kode game dan nama mereka. Siswa yang telah bergabung akan terlihat di layar laptop host (pembuat soal)/guru. Data dan statistik hasil pekerjaan siswa dapat didownload dan digunakan oleh guru sebagai data hasil penilaian.

Baca juga:   Cara Asyik Belajar Membaca untuk Siswa Kelas I

Selain termotivasi untuk mengerjakan evaluasi pembelajaran tematik dengan quizizz karena mengasyikkan, quizizz juga membuat peserta didik mau mempelajari materi dengan baik.

Tampilan quizizz berupa games juga membangkitkan minat dan motivasi siswa untuk mengerjakan evaluasi tanpa merasa bosan. Siswa juga mengerjakan tugas yang diberikan secara mandiri karena mereka “tidak rela” jika game dikerjakan orang lain termasuk orang tua.

Berdasarkan hal tersebut, penulis menyimpulkan quizizz dapat menjadi salah satu alternatif media evaluasi pembelajaran tematik moda daring yang menarik, menyenangkan, dan dapat memperkuat karakater peserta didik seperti kejujuran, kemandirian dan dan tanggung jawab.

Selain itu kita sebagai guru terpacu untuk senantiasa berinovasi dan berkreasi dalam merancang, melaksanakan evaluasi pembelajaran moda daring ini serta tidak berhenti belajar dan mau terbuka terhadap perubahan. (dd2/lis)

Guru SD Negeri Mangunsari 07 Salatiga

Author

Populer

Lainnya