Pembelajaran Daring Puisi di Masa PKKM

Oleh : Ninik Tri Handayani, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Berdasarkan instruksi Bupati Pekalongan nomor 7 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 corona virus disease 2019 (Covid-19), semua kegiatan belajar mengajar (sekolah, perguruan tinggi, akademi, tempat pendidikan/pelatihan) dilakukan secara daring/online. Melihat instruksi tersebut, penulis sebagai guru kelas III SD Negeri 02 Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan sudah mulai merancang strategi mengenai aktivitas kegiatan yang dilakukan pada saat pembelajaran daring/online. Strategi yang dilakukan pertama adalah mengumpulkan data keadaan siswa dan nomor HP atau whatsapp orang tua siswa tersebut. Whatsapp dibuat sebagai tempat komunikasi antara orang tua, siswa, dan guru dalam proses pembelajaran daring/online.

Penulis memulai pembelajaran daring dengan mengucapkan salam. Anak-anak pun menjawab salam tersebut. Penulis melakukan presensi dan memberikan semangat atau motivasi kepada siswa berupa yel-yel dan lagu agar siswa pun termotivasi dalam proses belajar dari rumah. Penulis mencoba melakukan apersepsi mengenai pembelajaran yang lalu. Beberapa anak mencoba menjawab pembelajaran yang lalu. Setelah itu penulis memberikan tujuan pembelajaran mengenai materi puisi virus corona. Tujuan dari materi tersebut agar peserta didik dapat mengenal dekat dengan pengetahuan tentang virus tersebut.

Baca juga:   Metode Kooperatif Tipe Stad Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penulis memberikan materi berupa cara membuat puisi dan melakukan video dengan gerakan. Para siswa semakin semangat dalam belajar, selanjutnya guru mengadakan tanya jawab. Penulis memberikan tugas dengan membuat puisi mengenai virus corona dan menayangkan video untuk melihat cara membaca puisinya. Video yang dikumpulkan kemudian ditayangkan untuk ditanggapi oleh teman-temannya. Para siswa dapat saling memberikan motivasi dalam pembelajaran. Diakhir pembelajaran penulis memberikan refleksi, kesimpulan, dan pesan moral kepada peserta didik

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh yang diberikan kepada peserta didik sangat efektif di tengah pandemi virus corona saat ini. Pembelajaran daring dengan memanfatkan grup whatsapp di kelas III SD Negeri 02 Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan memberikan ruang bagi pendidik untuk mengajarkan ilmu kepada peserta didik. Banyak aplikasi sebenarnya yang bisa kita pakai dalam komunikasi pembelajaran akan tetapi tentunya kita perlu menyiapan kuota yang cukup. Sehingga penggunaan aplikasi WAG sangat membantu dalam proses belajar mengajar.

Selain itu tentunya dalam pembelajaran daring terdapat beberapa kekurangan-kekurangan dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Kekurangan-kekurangan tersebut dapat kita perbaiki dengan melakukan komitmen untuk selalu siap berinovasi dengan belajar, mencoba menerapkan teknologi aplikasi pendidikan yang inovatif demi kemajuan pendidikan di Indonesia. (ips3/ton)

Baca juga:   Tingkatkan Kemandirian Siswa dengan Problem Posing dan Media

Guru Kelas III SD Negeri 02 Doro, Kec. Doro, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya