Pembelajaran Congratulation Cards dengan Teknik Modelling

Oleh : Mulyani, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Aspek penggunaan teknologi menjadi hal mendasar yang perlu diperhatikan oleh guru di era sekarang. Situasi ini membutuhkan guru yang kreatif, inovatif dan menyesuaikan dengan konteks situasi yang terjadi saat ini.

Aydan Ersoz, pengarang Six Games for the ESL/EFL Classroom menjelaskan bahwa memberikan suasana yang menantang dan menyenangkan juga permainan memberikan kegiatan yang bermakna sesuai dengan konteksnya.

Ada empat keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa yaitu listening, speaking, reading dan writing. Dari keempat keterampilan dasar yang dirasa sulit bagi siswa adalah kemampuan menulis (writing) karena termasuk keterampilan yang produktif.

Dalam kenyataannya menurut pengalaman penulis selama ini, siswa di SMAN 6 Semarang belum bisa menulis dalam bahasa Inggris secara benar dan runtut. Kesalahan yang sering terjadi pada penulisan congratulation cards yaitu struktur, pemilihan kata, ejaan dan tanda baca yang salah sehingga kartu ucapan yang dibuat siswa tidak bermakna secara benar.

Problem lain yang tidak kalah pentingnya yang dihadapi siswa adalah minimnya kosakata dan pemahaman terhadap materi yang kurang. Dari permasalahan tersebut di atas, penulis mencoba menggunakan metode pembelajaran teknik modelling. Penulis memberikan contoh (model) yang berkaitan dengan materi. Dalam teknik modelling ini penulis menyiapkan contoh beberapa tulisan yang dapat ditiru oleh siswa dalam menulis congratulation cards yang baik dan benar.

Baca juga:   Pembelajaran Jarak Jauh dengan Media Whatsapp

Diharapkan dengan keberadaan teks model dapat membantu siswa dalam menuangkan gagasannya yang menjadi sebuah tulisan yang runtut dan padu. Sehingga pembelajaran bahasa Inggris tidak lagi menjadi momok bagi siswa khususnya kelas X IPS 4 SMA Negeri 6 Semarang. Di sini, guru berusaha dalam pembelajaran ini dibuat semenarik mungkin, aktif, kreatif, cerdas, inovatif dan tidak membosankan.

Pada materi menulis congratulation cards siswa diminta untuk menuliskan kartu ucapan kepada seseorang bisa berupa : birthday card (kartu ucapan ulang tahun), baby born (kartu ucapan selamat atas kelahiran bayi), wedding card (kartu ucapan pernikahan) dan lain-lain.

Pembelajaran ini bertujuan untuk memberi selamat, doa, harapan, dan juga menunjukkan rasa simpati. Di sini siswa bisa menyalurkan kreativitas mereka, karena selain menulis juga menghias kartu ucapan mereka sebagus dan semenarik mungkin.
Adanya pembelajaran writing congratulation cards dan penugasan untuk menulisnya berguna untuk menggali kemampuan siswa X IPS 4 dalam menulis menggunakan bahasa Inggris. Antusias siswa luar biasa sekali dalam mengikuti pembelajaran ini.

Mereka tidak merasa bosan, bahkan kartu ucapan yang mereka buat sangat bagus, menarik dan memuaskan. Penulis menganggap bahwa dengan teknik ini berhasil dalam mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah penulis tetapkan. Meskipun belum bisa dikatakan sempurna. Dari pengamatan terhadap penilaian 80 persen dari 36 siswa nilainya di atas KKM yang sudah ditentukan. (ips2/lis)

Baca juga:   Tingkatkan Keterampilan Speaking dengan Imitation

Guru SMA Negeri 6 Semarang

Author

Populer

Lainnya