Peran Prakasita Classroom dalam Mendukung Pembelajaran PPKn

Oleh : Christiana Sri Budhi H, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi sekarang ini, pembelajaran di sekolah tidak mungkin dilakukan dengan tatap muka, melainkan dengan pembelajaran jarak jauh atau secara online di rumah.

Pembelajaran online dilaksanakan dengan menggunakan gadget (smartphone atau laptop) yang hampir semua siswa memilikinya sebagai teknologi komunikasi dan informasi untuk mendapatkan berbagai sumber belajar. Pemerintah mewajibkan pembelajaran jarak jauh ini dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Berkaitan dengan hal tersebut, SMP Negeri 2 Salatiga berupaya membuat berbagai inovasi guna memenuhi kebutuhan siswa serta mencari strategi yang efektif dan efisien untuk mensuskseskan pembelajaran online yang sudah berlangsung selama kurang lebih 1,5 tahun. Salah satu upaya tersebut adalah penggunaan Prakasita Classroom yang dikembangkan sendiri oleh SMP N 2 Salatiga.

Prakasita Classroom merupakan LMS berbasis Moodle yang dibuat dan dimiliki SMP Negeri 2 Salatiga. Prakasita Classroom merupakan turunan dari Google Classroom yang dimodifikasi sesuai kebutuhan sekolah.

Aplikasi ini juga menyediakan kemudahan bagi penggunannya, khususunya para guru dan siswa. Dengan Parakasita Classroom ini guru dapat mengakses bahan ajar / materi pembelajaran dari semua mata pelajaran yang beragam dengan cara menempelkan materi yang dibuat guru ke Prakasita Classroom.

Dalam aplikasi tersebut, telah disiapkan semua kelas mata pelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran atau bahan ajar dalam bentuk power point, video pembelajaran, dan presensi. Di samping itu siswa dapat melihat halaman forum yang berisi materi, halaman tugas serta langsung melihat nilai yang diberikan guru.

Baca juga:   Flipped Classroom Alternative Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran yang memiliki karakter berbeda dengan mata pelajaran lain. PPKn merupakan kajian ilmu sosial, yang mana sasaran atau tujuan akhir pembentukan hasil dari pelajaran ini mengharapkan agar siswa sebagai warga negara memiliki kepribadian yang baik, bisa menjalankan hak dan kewajibannya dengan penuh kesadaran, nasionalis, patuh pada aturan, bertanggung jawab, berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif serta mandiri sebagai wujud cinta tanah air dan bangsa.

Dengan Prakasita Classroom pembelajaran PPKn bisa dilakukan dengan memberikan instruksi lewat whatsapp grup kelas, serta memastikan apakah siswa sudah siap melakukan pembelajaran daring. Setelah itu, siswa membuka Prakasita Classroom sesuai perintah guru. Siswa bisa membaca, mengamati, menyimak, memahami materi serta mengerjakan tugas yang diberikan guru.

Selama pembelajaran guru dan siswa dapat berkomunikasi ataupun komentar pribadi melalui whatshapp group kelas. Dan ini sangat memudahkan guru dan siswa dalam berkomunikasi sebagai pengganti tatap muka. Dengan menggunakan metode tersebut sebagai guru sangat terbantu dalam melaksanakan pembelajaran saat pandemi Covid-19.

Baca juga:   Microsoft Teams 365 Tingkatkan Pemahaman Proses Pembentukan Tanah dalam Pembelajaran IPA

Prakasita Classroom memfasilitasi Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran PPKn serta memberikan kemudahan juga kepada siswa, yang bisa dengan mudah siswa dapat melihat halaman forum yang berisi materi, halaman tugas serta dapat langsung melihat nilai yang diberikan guru. Prakasita Classroom ini sangat membantu Guru demikian juga siswa dalam berkomunikasi mengenai pembelajaran PPkn meskipun dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Meskipun pembelajaran PPKN dilakukan dengan jarak jauh, namun tetap dapat tercipta siswa yang nasionalis, patuh pada aturan, menghargai, sadar akan hak dan kewajuban diri dan orang lain, bertanggung jawab, berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif serta mandiri. Sehingga terbangun kehidupan generasi muda yang cerdas dan berkarakter.

Dengan demikian jelas bahwa Prakasita Classroom menjadi aplikasi virtual tanpa tatap muka yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk membentuk warga negara yang cerdas secara intelektual, emosional, sosial serta spiritual. Jadi dengan demikian segala proses belajar di kelas Prakasita Classroom SMP Negeri 2 Salatiga yang diaplikasikan secara virtual tanpa perlu tatap muka dengan dapat menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sesuai dengan amanat pemerintah. (dd2/ton)

Guru PPKn di SMP Negeri 2 Salatiga

Author

Populer

Lainnya