Peningkatan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas melalui Modifikasi Alat Bantu

Oleh : Susbiantara, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN merupakan bagian penting dari proses pembangunan nasional yang ikut menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara.pendidikan olahraga renang telah dimasukkan ke dalam kurikulum mata pelajaran

Pendidikan Jasmani (Penjas). Penjas merupakan proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional dalam kerangka sistem Penjas.

Selain itu Penjas juga dapat diartikan pendidikan melalui aktivitas jasmani, permainan atau olahraga yang terpilih untuk mencapai tujuan dalam Penjas.

Permainan merupakan bagian bidang studi pendidikan jasmani yang mempunyai banyak kegiatan. Seperti halnya pada kegiatan olahraga pada umumnya, dengan bermain akan terpacu perkembangan manusia secara menyeluruh misalnya perkembangan jasmani koordinasi gerak, kejiwaan dan sosial.

Permainan dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan siswa ke arah yang sempurna, artinya dengan diadakannya permainan dalam sebuah pembelajaran penjas akan mendorong minat dan motivasi siswa dalam belajar.

Terdapat beberapa aspek permainan dan olahraga diantaranya meliputi cabang olahraga Renang yang masuk kedalam permainan air.Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak diair.

Berenang biasanya dilakukantanpa perlengkapan buatan.Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga.Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnyadi air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang.Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.

Baca juga:   Meningkatkan Motivasi Belajar Munakahat Siswa melalui Video Akad Nikah

Renang memiliki kegiatan yang khas seperti terapung, meluncur, menyelam hingga melakukan koordinasi gerakan lengan dan tungkai dalam satu gaya renang. Hal ini merupakan pola gerak dasar dominan dalam renang sebagai pondasi bagi keterampilan siswa SDN 01 Simego, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan ketika bermain di dalam air dan juga merupakan gerak dasar bagi pembinaan olahraga. kegiatan pengenalan aktivitas di air adalah aktivitas yang dilaksanakan pada pra pembelajaran sebelum siswa melakukan renang dalam suatu gaya.

Tolak ukur dalam mencapai keberhasilan siswa ditentukan oleh pembelajaran yang kegiatannya dikemas ke dalam penggunaan alat bantu belajar renang sebagai bentuk latihan siswa sebelum mempraktikkan suatu gaya dalam renang. Latihan dengan alat, siswa akan merasa aman dan nyaman, serta dengan keamanan dan kenyamanan tersebut secara bertahap akan menunjang keberhasilan siswa.Sedangkan peranan media pada pra pembelajaran yaitu“untuk menarik minat dan perhatian siswa pada materi yang akan disampaikan, pada tahap penyajian pelajaran yaitu untuk mengikat perhatian siswa selama pelajaran berlangsung, pada tahap tindak lanjut yaitu memberi kesempatan pada siswa untuk mencoba menerapkan berbagai prosedur yang baru didapat.

Baca juga:   Efektivitaskan Pembelajaran yang Menyenangkan dengan Pendekatan Saintific

Gaya bebas tidak terikat pada teknik atau aturan dasar tertentu. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas akan membuat tubuh Anda melaju lebih cepat karena dapat dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang. Gaya bebas ini sering dilakukan baik oleh para pemula maupun perenang profesional. Renang gaya bebas dilakukan dengan menelungkup, yaitu posisi badan dan wajah menghadap permukaan air, lalu kaki dan tangan bergerak untuk menarik dan menendang air.

Tangan digerakkan bergantian dengan gerakan seperti mengayuh, sedangkan kaki digerakkan ke atas dan ke bawah. Untuk mengambil napas, Anda dapat menoleh ke arah kanan atau kiri di atas permukaan air. Lakukan saat lengan digerakkan keluar dari air sehingga posisi tubuh menjadi miring.Renang gaya bebas merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu.Gaya bebas dilakukan dengan beranekaragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju didalam air. Proses belajar mengajar renang gaya bebas melalui beberapa tahapan berdasarkan unsur atau elemen gerak yang ada pada renang gaya bebas. Unsur gerak tersebut adalah Pengenalan aktivitas/sifat-sifat air, Posisi tubuh dari setiap elemen, Meluncur, Gerakan kaki,Gerakan lengan dan tangan, Pernafasan, Koordinasi. (gb3/zal)

Guru SDN 01 Simego, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya