Makin Senang Belajar Thaharah melalui Video

Oleh : Ena Hikmawati S.Ag

spot_img

ORADARSEMARANG.ID, DI masa pandemi Covid-19 yang telah melanda bumi pertiwi Indonesia sejak Maret 2020. Pengaruhnya cukup membawa banyak perubahan bagi kehidupan seluruh lapisan masyarakat sehari-hari.

Timbul adanya aturan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes), di antaranya imbauan memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan. Harapannya, dengan melaksanakan prokes akan mengurangi angka kasus Covid-19.

Selain itu, pemerintah menetapkan aturan lain seperti penutupan fasilitas umum, pengurangan masa untuk mengunjungi tempat ibadah, tempat umum, hingga pembatasan tenaga kerja dengan istilah work from home (WFH) bagi para tenaga kerja.

Semua masyarakat dituntut agar tetap melaksanakan kewajibannya seperti hari-hari normal tetapi dengan cara yang berbeda. Jelas merupakan hal yang tidak mudah, tetapi bisa diatasi seiring berkembangnya teknologi dan pemahaman masyarakat.

Semua siswa dari berbagai jenjangpun harus tetap menjalankan kewajibannya melaksanakan pembelajaran secara online atau daring melalui berbagai media pembelajaran. Seperti halnya pada kelas VII SMPN 13 Kota Semarang tahun pelajaran 2020/2021 diharapkan mampu memahami materi thaharah.

Baca juga:   Pembelajaran IPA Efektif selama PTM dengan Blended Learning

Untuk menyampaikan materi pembelajaran agar tetap optimal dan mudah dipahami, dimengerti, tentunya guru harus memiliki inovasi baru untuk menyampaikan materi agar tetap bisa dipahami dengan baik oleh siswa. Salah satu caranya adalah melalui video pembelajaran.

Menurut Cheppy Riyana (2007), media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran.

Video merupakan bahan pembelajaran tampak dengar (audio visual) yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan/pesan materi pembelajaran. Tampak dengar karena unsur dengar (audio) dan unsur visual/video (tampak) yang dapat disajikan serentak. Siswa dapat mengakses langsung di berbagai platform media seperti Youtube, Google, atau website yang disediakan oleh guru.

Guru juga dapat membuat video penyampaian materinya yang kemudian dibagikan pada siswa-siswi. Tentunya akan memudahkan siswa dalam memahami materi dan dapat meningkatkan semangat belajar siswa karena adanya pembelajaran melalui video.

Pembelajaran menggunakan video membuat siswa senang karena dapat mengatasi bentuk kesulitan dalam memahami materi dengan tingkat kesulitan yang tidak biasa. Pelajaran tentang thaharah sangatlah penting karena merupakan salah satu syarat sahnya melaksanakan ibadah seperti salat, puasa, dan melaksanakan rukun haji.

Baca juga:   Belajar Perumusan Pancasila Menjadi Seru melalui YouTube

Hakikat thaharah adalah memakai air atau tanah atau salah satunya menurut sifat yang di syari’atkan untuk menghilangkan najis dan hadas. Thaharah secara garis besar ada tiga macam yaitu, pertama, thaharah dari hadas. Kedua, thaharah dari najis. Ketiga, thaharah dari kotoran.

Penjelasan saja akan membuat siswa merasa monoton dan sulit dipahami oleh siswa, karena materinya cukup sulit untuk dipahami secara mandiri tanpa adanya penjelasan dari guru. Maka dari itu, video pembelajaran hadir untuk memudahkan siswa belajar tentang thaharah.

Pembelajaran melaui video sebagai sarana untuk memahami materi thaharah. Siswa-siswi akan menjadi lebih senang dan mudah dipahami karena bisa melaksanakan thaharah dalam kehidupan sehari-hari sesuai tuntunan yang tersirat dalam kitab suci Alquran dan Hadis. (ips2/ida)

Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMPN 13 Kota Semarang

Author

Populer

Lainnya