Belajar Perencanaan Pelayaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif

Oleh : Anggara Budi Laksono, S.Kel

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perencanaan pelayaran merupakan salah satu mata pelajaran produktif pada Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan yang mempelajari tentang prosedur atau tata cara dalam membuat rencana jalur pelayaran yang akan dilalui oleh sebuah kapal. Supaya pelayaran berjalan aman dan efisien.

Mata pelajaran Perencanaan Pelayaran menitikberatkan pada pemahaman peserta didik tentang peta laut dan dan keterampilan peserta didik dalam pembuatan rencana pelayaran di peta laut.

Pada pelaksanaan praktik pembuatan rencana pelayaran di peta laut apabila peserta didik mengerjakan praktik secara individu akan mengalami kesulitan dalam penguasaan materi.

Pembelajaran praktik perencanaan pelayaran di kelas tidak jarang dianggap membosankan oleh peserta didik. Sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam penguasaan kompetensi praktik perencanaan pelayaran.

Supaya prestasi belajar peserta didik meningkat yang harus dilakukan adalah meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik guru harus berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran di kelas supaya peserta didik termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Baca juga:   Presentasi dengan Peta Konsep dalam Belajar PPkn Materi Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah

Cooperative learning atau pembelajaran kooperatif menurut Bern dan Erickson (2001:5) merupakan strategi pembelajaran yang mengorganisasi pembelajaran dengan menggunakan kelompok belajar kecil dimana peserta didik bekerja sama untuk mencapai tujuan belajar.

Tujuan dari pelaksanaan pembelajaran kooperatif menurut Nurhadi (2003) adalah memandang bahwa pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang silih asah. Sehingga sumber belajar peserta didik bukan hanya guru dan buku ajar, tetapi juga sesama peserta didik.

Untuk mencapai tujuan pembelajaran kooperatif maka diperlukan tahapan dalam proses pembelajaraan. Ibrahim (2000:10) mengemukakan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif yang terdiri atas 6 langkah. Yaitu langkah pertama menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik. Langkah kedua menyajikan informasi kepada peserta didik.

Langkah ketiga mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok belajar. Langkah keempat membimbing kelompok bekerja dan belajar. Langkah kelima evaluasi dan langkah terakhir adalah memberikan penghargaan kepada peserta didik.

Pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran Perencanaan Pelayaran kelas XI Kompetensi Keahlian Nautika kapal Penangkap Ikan di SMK Negeri 1 Giritontro penulis mencoba untuk menerapkan model pembelajaarn kooperatif.

Baca juga:   Mudahnya Ulangan Harian Administrasi Umum dengan Whatsapp Auto Respon

Tahapan yang digunakan adalah yang pertama menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran perencanaan pelayaran. Kedua menyampaikan materi tentang perencanaan pelayaran dan menyampaikan tugas praktik yang harus dilaksanakan oleh peserta didik. Ketiga membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil.

Keempat kelompok kecil berdiskusi atau saling bertukar pikiran dan mulai mengerjakan tugas praktik dengan bimbingan guru. Kelima mengevaluasi hasil tugas praktik peserta didik dan yang terakhir adalah memberikan penghargaan kepada kelompok peserta didik yang dapat mengerjakan tugas praktik dengan baik dan benar.

Dengan model pembelajaran kooperatif maka interaksi antarpeserta didik akan lebih aktif. Peserta didik dapat berperan aktif dan berdiskusi tentang tugas praktik di dalam kelompoknya. Dengan demikian motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran perencanaan pelayaran lebih meningkat. Dengan meningkatnya motivasi belajar peserta didik maka prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran perencanaan pelayaran juga lebih meningkat. (ips1/lis)

Guru Produktif Nautika Kapal Penangkap Ikan SMKN 1 Giritontro, Kabupaten Wonogiri

Author

Populer

Lainnya