Penggunaan Youtube pada Pembelajaran Praktek Prakarya

Oleh: Retno Nawangsih, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PADA pembelajaran prakarya kelas VII aspek kerajinan di SMP Negeri 3 Kendal siswa diminta mempraktekkan membuat salah satu produk kerajinan dari serat. Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia serat adalah suatu material yang perbandingan panjang dan lebarnya sangat besar dan molekul penyusunnya terorientasi terutama ke arah panjang.

Serat dikelompokkan menjadi 2 yaitu serat alam dan serat sintetis. Serat alam ada yang berasal dari tumbuhan dan ada yang berasal dari hewan. Serat yang dipilih untuk praktek kerajinan serat di SMPN 3 Kendal adalah serat yang berasal dari batang pisang, karena batang pisang mudah diperoleh di lingkungan tempat tinggal siswa SMPN 3 kendal.

Sebelum pelaksanaan praktek membuat produk kerajinan dari serat batang pisang, pendidik harus menginformasikan contoh produk, bahan, alat, serta cara membuatnya kepada siswa.

Hal itu dapat dilakukan dengan metode demonstrasi. Namun keterbasan yang ada menjadikan pelaksanaan demonstrasi di hadapan siswa menjadikan pembelajaran kurang menarik. Pendidik diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik.

Selain menggunakan media realita untuk demonstrasi, pendidik dapat menggunakan kombinasi media pembelajaran lainnya. Untuk itu agar pembelajaran lebih menarik dan pengalaman yang diperoleh siswa lebih banyak, pendidik dapat memanfaatkan penggunaaan media sosial youtube dalam pembelajaran.

Baca juga:   Memaksimalkan Penggunaan Smartphone dan Internet dalam PJJ Bahasa Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas youTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video, termasuk klip film, klip TV, dan video musik, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan..

Pada pembelajaran prakarya pendidik dapat memanfaatkan vidio pendidikan dan vidio orisinal pendek yang ada hubungannnya dengan praktek membuat kerajinan dari batang pisang.

Pada pembelajaran tentang contoh produk, bahan, alat, dan cara membuat kerajinan dari batang pisang metode demonstrasi bisa divariasi dengan memperperlihatkan beberapa vidio youtube tentang kerajinan dari serat batang pohon pisang.

Hasil implementasi dari media youtube peserta didik menjadi lebih termotivasi, terinspirasi dan tertarik untuk membuat kerajinan dari pelepah pisang. Dari tayangan youtube siswa mengetahui bahwa pelepah pisang dapat dibuat menjadi berbagai produk kerajinan seperti tempat tissu, tempat pensil, sandal dan tas yang sangat indah dan bisa dijual. Selain bahan dan alat yang diperlukan, siswa juga mengetahui macam-macam teknik pembuatan kerajinan dari pelepah pisang.

Baca juga:   Media Game Monopoli Kimia untuk Evaluasi Pembelajaran

Setelah penayangan vidio youtube dilanjutkan dengan tanya jawab tentang produk, bahan, alat dan cara membuat produk kerajinan dari pelepah pisang . Dari hasil tanya jawab diketahui bahwa peserta didik merasa senang ketika pembelajaran menggunakan media vidio pembelajaran yang diambil dari youtube karena memperoleh gambaran lebih jelas mengenai kerajinan pelepah pisang.

Pembelajaran menggunakan media youtube lebih memotivasi, menarik perhatian dan peserta didik menjadi semangat dalam membuat kerajinan dari pelepah pisang..

Setelah selesai sesi tanya jawab selesai pendidik membentuk kelompok sebagai persiapan kegiatan praktek pada waktu yang akan datang. Masing -masing kelompok terdiri dari 3 orang. Masing-masing kelompok diminta berdiskusi untuk menentukan produk yang akan dibuat, bahan, alat, cara membuat kerajinan dari pelepah pisang sekaligus pembagian tugas masing -masing individu dalam kelompok tersebut. (ipa2/zal)

Guru SMPN 3 Kendal

Author

Populer

Lainnya