Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak melalui Edmodo

Oleh : Tri Kusumawati

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di masa pandemi ini, semua orang dituntut bisa menggunakan teknologi dalam berbagai hal. Karena di masa pandemi ini tidak diperbolehkan pertemuan tatap muka apalagi yang mengakibatkan kerumunan.

Oleh karena itu KBM (kegiatan belajar mengajar) menggunakan pembelajaran daring atau yang disebut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dengan adanya pembelajaran daring guru dan peserta didik sama-sama belajar untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

Dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan menulis merupakan kebutuhan setiap individu. Oleh karena itu, untuk dapat hidup di masyarakat dalam era teknologi modern ini setiap orang haruslah tidak buta huruf.

Seseorang yang tidak mempunyai kemampuan dalam membaca maupun menulis akan mengalami banyak hambatan dalam menjalani kehidupan.

Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekepresif. Keterampilan menulis tersebut tidak akan datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktek yang banyak serta teratur (Tarigan, 1986 : 4).

Proses menulis cerkak tidak serta merta dapat dilakukan oleh peserta, perlu ada latihan, informasi serta pengalaman yang didapat kemudian diasosiasikan dengan praktik secara berkesinambungan.

Keterampilan menulis yaitu keterampilan peserta didik dalam mencipta sebuah karya berbentuk tulisan berdasarkan informasi yang telah didapatkan melalui kegiatan pembelajaran. Informasi tentang materi pembelajaran tersebut kemudian diasosiasikan dengan pengalaman pribadi sehingga menciptakan karangan dalam bentuk tulisan yang original.

Baca juga:   Asyiknya Belajar IPA Menggunakan Baper TTS

Cerkak atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan cerita pendek (cerpen).

Cerita pendek (cerpen) yaitu kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pada suatu ketika) (KBBI, 128 : 2014).

Berdasarkan pengamatan penulis selama proses pembelajaran jarak jauh siswa X TBs 1 SMK Negeri 2 Temanggung pada keterampilan menulis siswa masih rendah. Karena siswa beranggapan bahwa bahasa Jawa adalah mata pelajaran yang sulit dan kurang menyenangkan sehingga siswa merasa bosan dan malas dalam mengikuti pelajaran.

Selain itu juga, siswa kurang termotivasi karena penggunaan media yang belum tepat. Sebagai seorang guru, penulis merasa tergugah untuk memecahkan masalah yang dihadapi di SMK Negeri 2 Temanggung pada siswa kelas X TBs 1. Dalam mengatasi masalah tersebut, penulis menggunakan aplikasi Edmodo untuk meningkatkan keterampilan menulis pada materi Menulis Cerkak.

Edmodo meupakan salah satu learning management system (LMS) yang berasal dari California, Amerika Serikat. Edmodo adalah layanan online yang memudahkan guru untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Dengan menggunakan aplikasi atau situs Edmodo, guru dapat membagikan konten, teks, video, pekerjaan rumah dan tugas kepada muridnya secara online.

Baca juga:   Strategi Pengembangan Pengelolaan Laboratorium di Sekolah

Aplikasi ini biasa digunakan baik ketika guru berada di dalam maupun luar kelas. Dirancang dengan fokus kepada guru, karena siswa dan orang tua hanya bisa login dengan Edmodo jika mendapat undangan dari guru.

Adapun langkah-langkah dalam penggunaan Edmodo adalah guru membuat akun dalam aplikasi tersebut. Setelah membuat akun, guru dapat membuat kelas berdasarkan kebutuhan. Setiap kelas yang telah dibuat memiliki pin/kode tertentu yang digunakan siswa untuk ke kelas yang telah disediakan. Siswa membuat akun.

Setelah siswa memiliki akun, siswa diberikan pin sesuai dengan kelasnya. Siswa masuk ke grup kelas. Guru dapat mengirim tugas, materi, diskusi, dan evaluasi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa penerapan media Edmodo dalam meningkatkan keterampilan menulis cerkak siswa SMK Negeri 2 Temanggung kelas X TBs 1. Pada pengamatan di akhir pembelajaran siswa sangat antusias yang awalnya menulis cerkak mencapai 63 persen. Setelah menggunakan media Edmodo menulis cerkak mencapai 87 persen.

Hal ini membuktikan bahwa menulis menggunakan media edmodo merupakan salah satu solusi dalam membantu siswa pada keterampilan menulis. (pm2/lis)

Guru Bahasa Jawa SMKN 2 Temanggung, Kabupaten Temanggung

Author

Populer

Lainnya