Pembelajaran Respirator pada Manusia Asyik dengan Quizizz

Oleh : Siti Solikhatun, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan teknologi yang cukup pesat seakan-akan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Kehidupan kini begitu terkoneksi dan memasuki era pemakaian yang semakin hari kian canggih.

Masyarakat dicekoki dengan informasi berlimpah yang hanya sejauh ujung jari (Bulger and Davidson, 2018).

Akan tetapi, perkembangan teknologi ini dapat membawa dampak buruk jika tidak bijak dalam menggunakannnya. Oleh karena itu, sektor pendidikan perlu mengimbangi kemajuan teknologi dengan mengintegrasikannya ke dalam sistem pendidikan.

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 Th 2020 yang diterbitkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan di masa darurat penyebaran Covid-19, di antaranya disampaikan tentang pembelajaran dilakukan dengan daring/jarak jauh.

Hal tersebut membuat lembaga pendidikan mengubah metode pembelajaran yang digunakan menjadi online atau daring (dalam jaringan).

Pembelajaran secara daring tentulah tidak mudah bagi penulis karena kondisi lingkungan SDN Kapuhan 2 Sawangan yang mayoritas orang tua siswa sebagai buruh tani. Meskipun dalam keluarga masih banyak yang hanya mempunyai handphone satu, tetapi antusias siswa untuk belajar cukup bagus.

Di samping itu salah satu masalah saat pembelajaran jarak jauh adalah kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar siswa dengan proses pembelajaran yang monoton di masa pandemi Covid-19 mengakibatkan menurunnya tingkat kemampuan berpikir, timbul rasa malas, dan turunnya hasil belajar siswa (Thurssan Hakim, 2008:63).

Baca juga:   Orang Tua Harus Berikan Pendampingan dan Tauladan selama PJJ

Untuk itu penulis berusaha membangkitkan semangat belajar siswa dengan menggunakan quizizz. Quizizz adalah aplikasi gamifikasi berbasis daring gratis yang dapat dibuka melalui browser web. Melalui aplikasi ini, guru dapat menggabungkan instruksi, review dan evaluasi.

Guru dapat terkoneksi dengan seluruh guru-guru di dunia dan dapat mengakses kuis daring yang dibuat oleh guru-guru lainnya secara cuma-cuma. Oleh karena itu, guru dapat menjadi sekreatif mungkin di kelas dan tidak akan kehabisan ide.

Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan.

Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui rankingnya dari keseluruhan siswa. Selain itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakan. Keuntungan quizizz bagi guru adalah akan ada grading otomatis. Kemudian quizizz membuat analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Laporan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar-salahnya, serta persentase pencapaian kuis untuk seluruh siswa.

Untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Quizizz yang dilaksanakan di kelas penulis menggunakan mode assign homework.

Baca juga:   Tantangan Mengajar IPS Terpadu

Pengerjaan soal tidak hanya saat pembelajaran di kelas, tetapi juga bisa untuk pekerjaan rumah (PR). Sehingga dapat dimainkan kapan saja dan di mana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan.

Langkah awal setelah guru mempersiapkan pembelajaran dengan quizizz adalah meminta siswa mengakses link yang telah dibagikan dan mengisi namanya dengan tepat. Setelah kuis muncul, siswa diminta langsung mengerjakan soal dengan teliti dan tidak terburu-buru, karena guru telah menonaktifkan pengaturan waktu agar siswa bisa memahami pembelajaran dengan aplikasi quizizz.

Siswa merasa tertantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antarpeserta quizizz. Juga menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme lucu.

Melalui quizizz siswa merasa sedang bermain dengan mengerjakan soal-soal yang diberikan. Siswa senang dan termotivasi dalam belajar karena pembelajaran menjadi menarik, asyik, dan menyenangkan. Maka, sangatlah penting bagi seorang guru untuk memilih cara pembelajaran yang tidak membosankan tapi menarik dan menyenangkan. (pm1/lis)

Guru SDN Kapuhan 2, Kec. Sawangan, Kabupaten magelang

Author

Populer

Lainnya