Merawat Hewan dan Tumbuhan Tingkatkan Sikap Kedisiplinan

Oleh : Mukhamad Firdaus, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Disiplin adalah perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus menerus (Thomas Gordon, 1996: 3).

Seorang murid tidaklah dengan sendirinya berhasil dalam belajarnya. Mereka harus berbuat.

Sehubungan dengan inilah peranan guru sebagai motivator sangatlah penting. Tidak sedikit pelajaran yang diberikan guru tidak menarik minat dan perhatian murid. Bahkan memulai mengajar dengan penuh semangat pun tidak jaminan bahwa minat dan konsentrasi murid dapat berlangsung lama.

Sehingga guru mempunyai dorongan untuk menumbuhkan sikap disiplin pada anak ketika belajar di rumah yang bisa diterapkan. Melalui pembelajaran merawat hewan dan tumbuhan yang ada disekitar rumah masing- masing peserta didik.

Tanaman tidak hanya menghasilkan makanan yang dibutuhkan manusia. Akan tetapi, tanaman juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia, misalnya tanaman menghasilkan oksigen.

Kita sangat membutuhkan oksigen agar dapat hidup. Kita berhak mendapatkan oksigen dari tumbuhan. Kita juga berhak menikmati manfaat dari tanaman yang lain.

Oleh karena itu, kita wajib memperlakukan tanaman dengan baik.Terlebih lagi jika anak-anak menanam sampai menikmati hasil tanamannya sendiri.

Bayangkan dalam menanam tanaman tomat, misal. Anak-anak akan dilatih mulai dari menyiapkan media untuk menanam, menyemai benihnya, menunggu pertumbuhan sembari merawat dan menjaga kesehatannya, sampai akhirnya si anak memanen lalu memakannya.

Baca juga:   Belajar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak dengan Peer Teaching

Kegiatan menanam ini tentu akan sangat mengesankan sekali. Manfaat kegiatan menanam bagi pembentukan karakter anak adalah sebagai sikap peduli akan terbentuk di dalam diri anak serta membangun sikap disiplin. Latihan disiplin dapat dibangun saat menyiram tanaman di pagi dan sore hari, di mana anak akan mengetahui akibat bila tanaman tidak disiram.

Sehingga anak akan menyiramnya dengan rutin; hingga tanaman dapat tumbuh dengan subur. Ini pelajaran tentang sebuah pekerjaan, yang jika dilakukan dengan disiplin, akan membuahkan hasil yang maksimal.

Hewan juga merupakan sumber daya alam yang perlu terus dijaga kelestariannya. Jika tidak, beberapa hewan tersebut akan menjadi langka dan punah. Hewan di sekitar kita memberi banyak manfaat bagi manusia. Hewan dapat menjadi inspirasi.

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan merupakan suatu hal yang menyenangkan dan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengusir rasa kesepian. Sebab, merawat hewan kesukaan dapat memberikan kepuasan batin dan menjadi teman yang menyenangkan selama di rumah.

Terlebih jika harus memastikan untuk merawatnya dengan benar agar hewan peliharaan dapat tumbuh sehat, senang, nyaman, dan aman ketika berada di dekat kita. Apalagi merawat hewan piaraan di antaranya kita harus disiplin dalam merawatnya antara lain. Kalau mempunyai hewan peliharaan, kita wajib merawatnya.

Baca juga:   Blended Learning Solusi Belajar di Masa Pandemi

Kita wajib memberi makan, memberi minum, membersihkan badannya, memberi tempat yang nyaman, mengobati jika sakit, dan menyayanginya. Jika dirawat dengan baik, hewan peliharaan menjadi sehat dan bersih. Inilah yang menjadi kebiasaan anak- anak di rumah untuk memelihara hewan, sehingga dari situlah sikap disiplin akan tumbuh dengan baik.

Demikianlah beberapa manfaat dari menanam dan merawat hewan. Melalui kegiatan menanam dan merawat hewan, kemampuan sosial anak semakin meningkat. Begitu pula dengan pengetahuannya. Sehingga anak-anak akan memiliki keterampilan sikap disiplin. Mereka tidak lagi akan mengganggu temannya, suka bersikap jujur, patuh dan taat pada orang tua. Suka berkata santun, mau mengakui kesalahannya, mau bekerja sama, tidak mudah putus asa. Dan tidak lagi ingin terlihat menonjol di hadapan teman atau gurunya, dan tidak akan mudah terpengaruh oleh lingkungan. (pg1/lis)

Guru SDN Penanggulan, Kec. Pegandon, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya