Terapkan Aplikasi Quizizz, Mudahkan Siswa Kerjakan Tugas

Oleh : Afianie Halim Sawarso S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN daring telah dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19. Pembelajaran daring dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi yang terkoneksi jaringan internet.

Aplikasi yang digunakan oleh pendidik antara lain, zoom meeting, google meet, edmodo, webex, google classroom, dan yang paling mudah digunakan adalah whatsapp.

Meski begitu, baik pembelajaran daring maupun luring, tetap perlu dilaksanakan penilaian. Gronlund dalam Arifin (2017) menyebutkan, penilaian adalah suatu proses yang sistematis dari pengumpulan, analisis, dan interpretasi informasi/data untuk menentukan sejauh mana peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

Kegiatan penilaian tersebut dapat dilakukan dengan pemberian tugas, tes tertulis, dan tes melalui aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian pembelajaran adalah quizizz. Yakni, aplikasi yang menyediakan bentuk soal formatif yang menyediakan berbagai macam pilihan soal. Tampilan aplikasi ini menyenangkan dan menarik perhatian peserta didik. Quizizz dapat diunduh melalui playstore ataupun laman web quizizz.com.

Quizizz dijadikan sebagai alat penilaian dalam pembelajaran daring di kelas 5 SDN Kemirirejo 3, Kota Magelang. Pendidik menggunakan aplikasi tersebut karena memiliki berbagai keunggulan dibandingkan aplikasi lainnya.

Salah satu keunggulan quizizz, dapat diakses oleh peserta didik sesuai dengan waktu dan jadwal masing-masing siswa. Selain itu, pertanyaan dalam kuis akan tampak pada masing-masing layar peserta didik. Hal ini membuat peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan.

Baca juga:   Pembelajaran Penyajian Data Asyik melalui Praktik

Kelebihan lainnya, quizizz dapat dibuka di handphone, laptop, PC, tablet, dan perangkat lainnya menggunakan sistem operasi Android, Windows, iOS/Mac, ataupun Linux.

Dalam sistem operasi iOS dan Android, quizizz dapat diunduh dalam bentuk aplikasi. Namun, tidak menutup kemungkinan quizizz dapat diakses menggunakan browser.

Di dalam aplikasi quizizz terdapat berbagai macam kuis yang telah dipublikasikan. Pendidik dan siswa dapat memilih kuis-kuis tersebut. Setelah siswa selesai mengerjakan kuis, pendidik dapat melihat laporan hasil pengerjaan kuis langsung dari aplikasi maupun diunduh dalam bentuk excel.

Laporan tersebut dapat dicetak maupun dikirimkan langsung melalui email orang tua masing-masing. Dengan cara ini, pendidik diberi kemudahan menilai hasil pengerjaan siswa. Laporan yang ditampilkan sangat lengkap dan terperinci, terdapat analisis tiap butir soal pada masing-masing siswa yang mengerjakan kuis tersebut.

Salah satu kelebihan yang tidak dapat ditinggalkan adalah tampilan. Quizizz memiliki tampilan laman penuh warna, sehingga peserta didik bersemangat menjawab kuis. Di sela-sela permainan, tampak animasi atau gambar yang memberikan semangat kepada peserta didik untuk melanjutkan mengerjakan soal ke nomor selanjutnya. Selama mengerjakan kuis, peserta didik tidak akan merasa terbebani seperti ketika mengerjakan tugas secara manual.

Baca juga:   Strategi Membangun Kemandirian Ibadah Siswa

Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi quizizz, terdapat beberapa kelemahan yang dapat dirasakan. Salah satunya, peserta didik dapat mengerjakan suatu kuis yang diberikan lebih dari satu kali. Siswa yang mengerjakan dengan cara tersebut bertujuan agar mendapatkan nilai terbaik.

Skor yang ditampilkan dalam aplikasi merupakan gabungan antara kecepatan dan ketepatan peserta didik dalam mengerjakan soal. Peserta didik yang mengerjakan soal secara tepat, masih akan mendapatkan skor yang lebih sedikit dari peserta didik yang mengerjakan semua soal tepat dan cepat. Jadi, skor tertinggi didapatkan oleh peserta didik yang mengerjakan soal dengan cepat dan jawaban tepat.

Dengan kelebihan dan kekurangan dalam aplikasi quizizz, pendidik dapat menggunakannya sebagai aplikasi alternatif untuk melaksanakan penilaian pembelajaran. Secara umum, aplikasi ini tergolong mudah dioperasikan oleh pendidik. Bagi peserta didik, aplikasi quizizz terasa seperti bermain game tidak mengerjakan tugas guru. (dd1/ida)

Guru SDN Kemirirejo 3, Kota Magelang

Author

Populer

Lainnya