Belajar Description Text di Masa Pandemi dengan Aplikasi Games Si Belmi

Oleh : Mulyani, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara jarak jauh/daring tentu memiliki tantangan tersendiri bagi guru. Karena di masa pandemi Covid-19 ini ternyata menimbulkan sejumlah problema.

Mindset para guru pun harus diubah, tidak lagi berorientasi pada pencapaian kurikulum, tetapi bagaimana agar kegiatan pembelajaran sesuai dengan konteks kehidupan di rumah. Di sini diperlukan guru yang kreatif , inovatif, edukatif dan menyenangkan. Sehingga peranan guru sangat besar untuk mendorong proses pembelajaran yang baik.

Guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta mampu mengoperasikan berbagai sumber daya pendukung kegiatan pembelajaran.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru agar metode mengajarnya disenangi siswa. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan pelajar sangat suka dengan model-model pembelajaran yang menggunakan permainan (game based learning) yang bertujuan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran.

Dengan demikian bagaimana caranya menjadikan permainan yang disukai oleh pelajar itu menjadi suatu metode pembelajaran bahasa Inggris yang menarik dan menyenangkan melalui pembelajaran description text.

Dan mereka akan memperoleh pengalaman pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Edukatif, dan Menyenangkan (Paikem) gembira dan berbobot (Gembrot) dengan penuh kebermaknaan.

Baca juga:   Stretching dapat Mengembalikan Konsentrasi Kegiatan Daring

Dalam hal ini banyak sekali permainan untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap kosa kata bahasa Inggris, menurut WR. LEE dalam bukunya Language Teaching Games and Contest, yang diterbitkan pada tahun 1979 oleh Oxford University Press.

Salah satu cara untuk memanfaatkan kegemaran bermain ini penulis mencoba memberikan permainan “Si Belmi” yang merupakan akronim dari Solusi Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi, yang diciptakan oleh Ana Rohdiana (40 tahun), guru bahasa Inggris di SMPN Unggulan Sindang, Kabupaten Indramayu.

SI Belmi merupakan sebuah aplikasi permainan yang tidak menggunakan kuota internet atau offline. Berisi pertanyaan-pertanyaan komunikatif yang mengajak siswa untuk menjawab High Order Thinking Skill (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Adapun manfaat dari pembelajaran ini : mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran bahasa Inggris khususnya writing. Meringankan guru dalam menyampaikan materi pelajaran.

Lantas, bagaimanakah tingkat penguasaan pemahaman writing bahasa Inggris siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang melalui cara belajar aktif model permainan?

Untuk mengawali kegiatan ini, siswa dapat mengunduh aplikasi Si Belmi di Playstore. Setelah terinstal tekan tombol start kemudian pilih materi, contoh descriptive text, lalu tekan play. Papan akan berputar lalu tekan stop maka akan muncul pertanyaan, yang bisa dijawab oleh siswa secara tertulis, lalu tekan start lagi, papan berputar dan stop, maka akan muncul pertanyaan kedua dan begitu sterusnya.

Baca juga:   Pemanfaatan Gawai untuk Mendukung Anak Belajar di Rumah

Setelah itu tekan exit untuk keluar dari game. Pembelajaran ini dilakukan secara individu dan tidak tergantung pada kuota sehingga siswa bisa bebas menggunakannya.

Hasilnya, dari pengamatan penulis selaku guru bahasa Inggris dengan menggunakan Si Belmi mampu membangkitkan semangat dan partisipasi siswa kelas X. Begitu juga dengan siswa yang awalnya tidak mengikuti pembelajaran dengan aplikasi ini mereka bisa mengikutinya.

Selain itu prestasi mereka terutama kemampuan writing juga meningkat cukup signifikan. Sementara, guru bisa menyampaikan manfaat permainan dengan kehidupan nyata. Permainan berakhir dengan kegembiraan, dan siswa diminta memberikan komentar atas kegiatan yang baru dimainkan. (ips1/lis)

Guru SMA Negeri 6 Semarang

Author

Populer

Lainnya