Pembelajaran Penyelenggaraan Rapat di Masa Pandemi dengan Video Tutorial

Oleh : Winarsih, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 membawa perubahan terutama dalam penyampaian materi pembelajaran. Sebelum masa pandemi, pembelajaran tatap muka di SMKN 1 Cepu diisi dengan praktik langsung di ruang kelas atau ruang praktik.

Namun dengan adanya kebijakan untuk melakukan pembelajaran secara daring (online), guru diharapkan mampu berinovasi dalam memanfaatkan teknologi agar kompetensi siswa tetap berkualitas.

Berbagai media pembelajaran dapat diterapkan oleh guru dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatan video tutorial.

Setelah mencoba beberapa media pembelajaran, video tutorial adalah media pembelajaran yang dirasa paling efektif untuk mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Humas dan Keprotokolan khususnya dalam kompetensi Penyelenggaraan Rapat.

Dengan media tersebut siswa dapat melihat, memahami dan meniru praktik penyelenggaraan rapat pada berbagai tema maupun instansi. Dalam penerapannya, siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil untuk mengamati video praktik penyelenggaraan rapat dengan tema yang berbeda.

Selanjutnya masing masing kelompok diminta untuk membahas hasil analisis video tersebut untuk didiskusikan bersama di dalam kelas secara daring (online).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001 : 1230), tutorial adalah pembimbingan kelas oleh seorang pengajar (tutor) untuk seorang mahasiswa atau sekelompok kecil mahasiswa. Pengajaran tambahan melalui tutor.

Baca juga:   Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif

Selanjutnya menurut Cheppy Riyana (2007 : 2) media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran.

Pembelajaran penyelenggaraan rapat dengan video tutorial dapat diakses oleh siswa melalui berbagai platform antara lain : YouTube, Google atau website lainnya yang telah disediakan oleh guru pengampu. Dengan begitu, kegiatan pembelajaran pada kompetensi keahlian penyelenggaraan rapat menjadi mudah dan menarik.

Rapat adalah kegiatan yang sering dilakukan dalam organisasi perkantoran untuk memecahkan permasalahan. Dalam penyelenggaraannya, dibutuhkan sekretaris yang andal untuk mampu mempersiapkan penyelenggaraan rapat dengan sebaik-baiknya agar rapat tersebut dapat berjalan lancar dan menghasilkan suatu pemecahan masalah sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Sehingga penyampaian materi penyelenggaran rapat ini menjadi salah satu kompetensi inti, khususnya bagi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Cepu sebagai bekal untuk menghadapi praktik maupun dunia kerja yang sesungguhnya.

Mempelajari materi penyelenggaraan rapat sebenarnya dapat dilakukan dengan membaca buku yang telah disediakan oleh sekolah, namun pembelajaran akan terasa monoton dan sulit dipahami oleh siswa karena tidak terjadi interaksi yang fleksibel dan dinamis.

Baca juga:   Peningkatan Hasil Belajar Kimia dengan Metode Inquiry Based Learning

Media pembelajaran video tutorial tidak hanya menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif, namun juga dapat melengkapi informasi yang tersedia pada buku materi. Sehingga melalui video tutorial tersebut, guru dapat memberikan pemahaman yang utuh antara teori dan praktik.

Setelah menganalisis, mengevaluasi dan berdiskusi tentang penyelenggaraan rapat berdasarkan video tutorial, siswa diajak untuk melakukan praktik penyelenggaraan rapat secara berkelompok dengan memerankan peranan masing-masing sesuai tema video tutorial yang telah dipelajari sebelumnya.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terkait penyelenggaraan rapat yang baik dan benar sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Media pembelajaran video tutorial menjadi sarana yang efektif untuk menjadikan pembelajaran daring (online) lebih interaktif dan membawa siswa untuk dapat merasakan terjun langsung dalam praktik penyelenggaraan rapat yang sesungguhnya.

Model pembelajaran seperti yang tersebut di atas tidak hanya dapat membekali siswa untuk dapat mempersiapkan penyelenggaran rapat secara langsung (tatap muka), namun juga dapat mempersiapkan penyelenggaraan rapat secara daring (online) melalui platform video conference untuk merespons kebutuhan dunia kerja di era serba digital saat ini. (unw1/lis)

Guru Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMKN 1 Cepu, Blora

Author

Populer

Lainnya