Procedure Text Bahasa Inggris dengan metode Demontstrasi

Oleh : Sri Subaktini, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Tahun ajaran 2021 – 2022 sudah dimulai. Segala macam persiapan pembelajaran harus sudah disiapkan oleh para pengajar/guru baik dari aspek materi yang sesuai dengan kurikulum maupun teknik/metode yang akan dipakai pada saat proses pembelajaran berlangsung di masa pandemi.

Cakupan materi Bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh peserta didik SMP kelas IX pada semester gasal berdasarkan kurikulum pandemi meliputi 3 Kompetensi Dasar yaitu penguasaan ekspresi ucapan penghargaan, doa dan harapan, penguasaan dan perbandingan Procedure Text serta penguasaan dan perbandingan Narrative Text. Masing-masing materi mempunyai tingkat pemahaman dan kesulitan yang berbeda dalam pembelajaran.

Oleh karena itu teknik atau metode yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai diakhir proses pembelajaran.

Pada kesempatan ini penulis selaku pengajar Bahasa Inggris kelas IX di SMP Negeri 13 Semarang bermaksud memberikan sebuah alternatif pembelajaran yang simpel dan menarik bagi peserta didik dalam menguasai materi Procedure Text (teks prosedur). Dilansir dari Collins Dictionary, a procedure is a way of doing something, especially the usual or correct way. Procedure atau prosedur adalah cara melakukan sesuatu, terutama cara yang umum atau benar.(Oct 15, 2020).

Baca juga:   Mengenalkan Bahaya Penggunaan Zat Aditif Sintetis melalui Proses Pembelajaran

Jadi teks prosedur merupakan salah satu bentuk teks bahasa Inggris yang menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu terkait dengan penggunaan alat/bahan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Pembelajaran Procedure Text dapat menggunakan beberapa teknik/metode yang mudah dan menarik untuk dipahami dan diikuti prosesnya. Penulis bermaksud memberikan sebuah alternatif teknik/metode yang mudah dalam pembelajaran Procedure Text yaitu dengan metode demonstrasi yang sesuai dengan kondisi pandemi sekarang ini.

Pengertian metode demonstrasi menurut Syah (2000:208) adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.

Pada saat memperagakan proses eksperimen dengan metode demonstrasi maka ada beberapa tahapan persiapan yang harus dilakukan oleh guru selaku pengajar yaitu : (1) mengecek kebenaran pengucapan kata yang sesuai dengan aturan yang benar dalam kamus bahasa Inggris baik manual maupun elektonik; (2) melatih pelafalan kosa kata yang benar termasuk intonasinya; (3) memperagakannya sebelum proses dokumentasi dilaksanakan.

Baca juga:   Kenali Teknik Analisis Kalimat Diterangkan Menerangkan

Setelah semua proses persiapan matang, tahap berikutnya adalah memperagakannya dengan menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan tujuan Procedure Text secara jelas dan tepat baik ucapan maupun intonasi. Pada saat memperagakan, maka dilakukan proses dokumentasi secara langsung dengan menggunakan media berupa kamera. Selanjutnya hasil dokumentasi diedit agar sesuai dengan kebutuhan durasi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Manfaat metode demonstrasi pada pembelajaran Procedure Text adalah peserta didik dapat: (1) mengetahui nama alat dan bahan dengan jelas sesuai materi; (2) mengetahui pengucapan kosa kata yang benar; (3) memahami dan menirukan tahap demi tahap dalam proses Procedure Text; (4) menerapkan kemampuannya dengan jenis Procedure Text yang lain; (5) mencipta dan mengkreasi tahap-tahap pelaksanaan dalam Procedure Text. Selain itu kendala yang dialami oleh pengajar/guru saat melaksanakan metode demonstrasi adalah kurangnya persiapan dan rasa percaya diri dalam memperagakannya. Hal ini dapat diatasi dengan cara pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bahasa Inggris akan menjadi a habitual daily activity (aktivitas harian yang biasa. (ips2/ton)

Guru SMP Negeri 13 Semarang

Author

Populer

Lainnya