Quizizz Gairahkan Siswa Belajar Secara Daring

Oleh : Nurul Dwi Utami S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19 mengharuskan siswa belajar dari rumah. Hal ini memunculkan berbagai permasalahan. Salah satunya anak mengalami kejenuhan saat mengikuti pembelajaran daring. Terbukti dengan banyaknya siswa yang sering terlambat mengumpulkan tugas, bahkan ada siswa yang tidak mengirim tugas.
Permasalahan yang serupa terjadi di kelas 2 SDN Kutowinangun 07 Salatiga ketika mempelajari tema 1, subtema 3 materi penjumlahan. Antusiasme siswa terlihat sangat berkurang, beberapa siswa tidak mengerjakan tugas PJJ. Hal ini dapat disebabkan oleh pembelajaran yang monoton dan kurang efektif, sehingga siswa merasa bosan dan jenuh.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, guru harus kreatif melakukan inovasi dan mengemas pembelajaran semenarik mungkin sehingga siswa terlibat secara aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Thorndike (Arifin, 2009) menyatakan belajar akan lebih berhasil apabila respon siswa terhadap suatu stimulus segera diikuti dengan perasaan senang atau kepuasan. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi berbasis online yaitu Quizizz. Tampilan dari aplikasi tersebut sangat menarik khususnya bagi siswa tingkat SD, karena seperti game online yang dapat dimainkan oleh siswa, tetapi di dalamnya memuat materi pembelajaran. Quizizz dapat digunakan untuk membuat soal online.

Penggunaan aplikasi online Quizizz sangatlah mudah. Langkah pertama, yang harus dilakukan adalah membuka situs https://quizizz.com/ kemudian klik menu daftar, masukkan email yang aktif, dan klik selanjutnya. Kedua, pilih Sebagai Seorang Guru, kemudian mengisi data akun secara lengkap. Data yang harus diisi di antaranya adalah judul, nama depan, nama belakang, dan kata sandi. Pembuatan kata sandi harus menggunakan kombinasi huruf dan angka. Ketiga, pembuatan soal. Tahap pembuatan soal dimulai dengan memilih Quiz ku, kemudian pilih Buat Quiz. Guru harus memberikan nama quiz dan memilih subjek yang relevan. Setelah semua diisi pilih Selanjutnya untuk dapat dapat memasukkan soal. Soal yang dibuat dapat berupa pilihan ganda, banyak jawaban, isian singkat, survei, maupun esai. Yang paling sering digunakan untuk pembelajaran adalah bentuk pilihan ganda. Setelah memilih bentuk soal, guru dapat menuliskan soal dan memberikan beberapa pilihan jawaban. Jawaban yang benar harus ditandai. Soal yang diberikan dapat disisipkan gambar, rumus, audio, bahkan video. Setiap soal yang selesai harus disimpan kemudian dilanjutkan dengan membuat pertanyaan baru sampai jumlah soal yang diinginkan. Ketika sudah selesai semua soal, pilih Terbitkan. Selanjutnya mengisi rincian kuis, diantaranya judul, bahasa, kelas, dan mengatur siapa saja yang dapat melihat kuis.

Baca juga:   Penggunaan Video Meningkatkan Kreativitas Writing Skill pada Deskriptive Text.

Langkah selanjutnya adalah memilih tipe Quizizz. Tipe yang pertama yaitu Guru Pimpin Sesi, tipe ini dipilih jika dimainkan bersama-sama. Tipe yang kedua yaitu Belajar Asynchronous, tipe ini dapat dimainkan kapan saja. Kadang siswa yang tidak memiliki HP sendiri terkendala jika harus bermain bersamaan dengan teman yang lain. Inilah salah satu keunggulan Quizizz, dapat dimainkan kapan saja oleh siswa. Sehingga yang lebih sering digunakan adalah tipe Belajar Asynchronous, dengan mengatur batas waktu maksimal pengerjaan quiz.

Setelah memilih tipe quiz, pilih Tugaskan. Dengan demikian, soal sudah dapat dibagikan kepada siswa, dalam bentuk link, atau berupa kode game. Siswa dapat mengklik link secara langsung dan memainkan gamenya. Atau dapat juga mengunduh aplikasi Quizizz di playstore dan menginstal di HP. Siswa dapat bermain game dengan karakter yang disukainya dan mengerjakan soal yang ada dalam Quizizz dengan sangat antusias. Siswa dapat langsung mengetahui nilai yang diperoleh.

Penggunaan Quizizz dalam pemberian tugas PJJ tentunya menjadi lebih menarik dan siswa jadi lebih bergairah untuk belajar. Setelah kelas 2 SDN Kutowinangun 07 menggunakan Quizizz ini untuk belajar penjumlahan, permasalahan pun teratasi. Siswa tidak lagi jenuh dan lebih bersemangat mengerjakan tugas PJJ. Terbukti tidak ada lagi yang terlambat mengirim tugas. Quizizz dapat meningkatkan gairah siswa belajar secara daring karena mereka dapat bermain sambil belajar. (dd1/ida)

Baca juga:   Asyiknya Belajar Sifat Konduktor dan Isolator dengan Media Alat Rumah Tangga

Guru SD Negeri Kutowinangun 07, Kota Salatiga

Author

Populer

Lainnya