Belajar Kondisi Alam Beragam Negara Asyik dengan Media Eart3d

Oleh : Dwi Andaryanti S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19, menuntut guru selalu kreatif dalam menangani berbagai permasalahan. Terutama bagaimana meningkatkan kembali minat peserta didik dalam proses pembelajaran daring sehingga peserta didik turut terlibat dalam proses pembelajaran. Salah satu di antaranya adalah melalui pemanfaatan media pembelajaran. Menurut Arief S Sadiman dkk (1990:11), pembelajaran adalah proses penyampaian pesan dari sumber pesan ke penerima pesan melalui saluran atau media tertentu.

Di SMPN 2 Kranggan, Kabupaten Temanggung, penulis menerapkan media Earth3d dalam proses pembelajaran kelas IX semester ganjil dengan materi Keadaan Alam Negara-Nagara di Dunia. Earth3d yaitu sebuah program globe virtual yang disebut Earth Viewer.

Earth3d adalah aplikasi yang mencakup peta seluruh dunia. Melaluinya, bisa mencari lokasi hanya dengan mengetikkan nama tempat lokasi yang diinginkan sehingga proses akan lebih cepat dan efisien. Earth3d memiliki berbagai keunggulan antara lain dengan memanfaatkan Earth3d, seolah-olah siswa dapat melihat dunia secara praktis dari atas. Hanya dalam hitungan detik, dapat mencari lokasi yang diinginkan.

Gambaran di dalamnya juga lebih nyata dibandingkan peta biasa, dapat menganalisa lokasi secara lebih dekat ataupun jauh. Selain itu, peserta didik dapat mengakses sejumlah informasi di dari berbagai negara, seperti ibu kota negara, mata uang, bahasa, agama, iklim, geologi, bentuk muka bumi, letak, luas wilayah, serta flora dan fauna. Bahkan informasi terbaru, misalnya nama presiden dan perdana menteri terbaru dan keadaan penduduk atau jumlah penduduk saat ini. Hal ini tidak bisa kita dapatkan hanya dengan membaca literasi dari buku paket siswa.

Baca juga:   Layanan Klasikal dengan Video SOM Lebih Menarik

Langkah-langkah dalam pembelajaran daring dengan metode Earth3d adalah, 1) melalui whatsapp grup guru membuka pembelajaran dengan salam, doa, dan dilanjutkan dengan mengecek kehadiran peserta didik. 2) Memberikan motivasi kepada peserta didik dan menyampaikan materi dan langkah-langkah pembelajaran. 3) Guru membagi tugas individu kepada peserta didik dengan memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dibagi sesuai nomor urut absen 1-6 mendapatkan LKPD negara Jepang, nomor urut 7-12 mendapatkan LKPD negara Amerika Serikat, nomor urut 18 mendapatkan LKPD negara Inggris, nomor urut 19-25 mendapatkan negara Australia, dan yang terakhir nomor urut 26-32 mendapatkan negara Mesir.

4) Peserta didik diminta membuka aplikasi Earth3d, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melihat ke-5 negara yang dibahas secara bergantian lalu mengerucut fokus pada satu negara yang ditugaskan. 5) Setelah selesai peserta didik diberikan kesempatan untuk bertukar pikiran dan tanya jawab di grup whatsapp, lalu hasil pekerjaan difoto lalu dikirim ke guru. 6) Guru mengakhiri pembelajaran dengan membuat kesimpulan dan doa. Guru juga memberikan reward kepada peserta didik yang sudah mengumpulkan tugas tepat waktu.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Kosakata Materi Family dengan Media Lagu

Hasilnya terdapat peningkatan signifikan. Biasanya pengumpulan tugas tidak lebih dari setengah dari jumlah peserta didik, namun dengan media Earth3d peserta didik merasa menemukan sesuatu yang baru dan mengasyikkan. Mereka merasa tidak seperti sedang belajar, tetapi sedang berkeliling dunia secara lebih nyata. Bahkan, peserta didik merasa lebih tertantang untuk mempelajari materi lebih jauh. (dd2/ida)

Guru IPS SMPN 2 Kranggan, Kabupaten Temanggung

Author

Populer

Lainnya