Belajar Ekonomi di Era Pandemi melalui Dunia Digital

Oleh: Retno Dewi Astuti, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERKEMBANGAN teknologi membius manusia dalam kepraktisan. Bagaimana tidak, sekedar memesan makanan, hanya perlu membuka aplikasi di handphone ->memilih menu-> memesan apa yang sebelumnya dipilih.

Jika dahulu orang mendirikan warung atau toko untuk berdagang, sekarang toko Online sudah menjamur di berbagai aplikasi sosial media. Tentu saja orang-orang banyak memilih berbelanja di Onlineshop. ‘Lebih praktis’ itu alasannya. Selain itu belanja online bisa dilakukan di mana saja, penawaran menarik serta segala macam kebutuhan tersedia di dalamnya.

Situasi tersebut, membuat saya sebagai guru ekonomi di SMAN 1 Kesesi Kab. Pekalongan tergerak untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang perlunya berwirausaha melalui sarana media sosial yang dikenal online shop. Jiwa wirausaha adalah jiwa kemandirian untuk mencari sebuah sumber penghasilan dengan membuka usaha ataupun menyalurkan kreatifitas yang dimiliki sesorang untuk kemudian dijadikan sebuah lahan untuk mencari penghasilan.

Ciri-ciri seorang wirausaha sebagai berikut: Ulet dan tidak mudah putus asa

Seorang wirausaha memiliki keuletan atau kegigihan dalam berusaha. Serta tidak berhenti dan puas sebelum tercapai hasil yang diinginkan. Berani mengambil risiko:

Baca juga:   Belajar Puisi Menggunakan Model Two Stay Two Stray

Setiap usaha selalu mengandung risiko, seperti bangkrut atau rugi, maupun hanya impas. Tapi seorang wirausaha harus mampu memperhitungkan risiko yang akan ditanggungnya. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi: Rasa percaya diri menjadi sangat pentin, tanpa rasa percaya diri seorang akan ragu, canggung dalam melangkah dan dapat berakibat fatal bagi usahanya. Bersifat kreatif dan inovatif: Kreatif artinya kemampuan untuk berkarya dan berdaya cipta yang tinggi, dan Inovatif artinya kemampuan untuk selalu mencari sesuatu penemuan yang baru dan tidak ikut-ikutan.

Berorientasi ke depan: Segala tindakan yang dilakukan sekarang selalu diarahkan untuk mencapai hasil yang tinggi di kemudian hari. Memiliki kemampuan memimpin, seorang wirausaha haruslah mampu menjadi atasan yang bertanggung jawab, mampu melakukan pembagian tugas, mampu mengarahkan bawahan, mampu menjadi teladan bagi bawahannya.

Sedangkan keuntungan menjadi wirausaha adalah Tidak terikat waktu: Menjadi seorang wirausaha tidak akan pernah terikat waktu. Jadi seorang wirausaha harus pintar dan pandai dalam mengelola waktu yang digunakan dalam usahanya.
Memiliki kebebasan mencapai tujuan usahanya: Kebebasan dalam hal ini adalah bagaimana mengelola waktu, sumber daya manusia, alat dan bahan serta tujuan yang ingin dicapai dalam usaha.

Baca juga:   Belajar Pengindraan Jauh Lebih Asyik dengan Google Maps

Menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain: Dengan mendirikan sebuah usaha berarti memberikan peluang kepada masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerja pada usaha yang diciptakannya.

Mendapat pengakuan dari masyarakat sekitar: Walaupun usaha kecil sekalipun sering kali mendapatkan peran yang sangat strategis di masyarakat. Banyak wirausahawan sukses karena usaha kerasnya,dilakukan secara kontinyu sehingga berhasil memuaskan.

Memiliki kesempatan menunjukan kemampuan dan potensi diri: Dengan memiliki sebuah usaha, wirausahawan dapat menyampaikan pikiran dan perilaku mereka sendiri. Hal ini berarti memberikan kekuasaan pada dirinya secara penuh.
Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal: Menjadi wirausahawan memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri keuntungan. Jika ingin usahanya maju maka harus bisa menyisihkan laba dan dijadikan sebagai tambahan modal supaya usaha bisa semakin berkembang.

Setelah pembelajaran, diharapkan siswa SMAN 1 Kesesi, memiliki jiwa kewirausahaan dan memanfaatkan peluang yang ada untuk menambah penghasilan. (ipa1/zal)

Guru SMAN 1 Kesesi, Kab. pekalongan

Author

Populer

Lainnya