Google Form Mempermudah Evaluasi di Masa Pandemi

Oleh : Sri Sugiarti, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Hampir dua tahun serangan Covid-19 melanda di wilayah Indonesia. Upaya pencegahan dan penanggulangan sudah dilaksanakan Pemerintah bersama rakyatnya. Dari budaya 5M yaitu mencuci tangan menggunakan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumanan dan membatasi mobilitas hingga isolasi mandiri yang dilaksanakan orang yang bergejala maupun yang reaktif terhadap virus korona.

Sekolah daringpun diterapkan agar mencegah penambahan kluster penularan Covid khususnya di lingkungan sekolah. Untuk itu perlu berbagai cara yang kreatif agar siswa tidak merasa bosan belajar melalui gawai mereka.

Guru dituntut memiliki metode baru dalam penyampaian materi lewat online. Penyampaian materi yang dilakukan guru di masa pandemi bisa melalu Youtube, WA, video sederhana, maupun video pembelajaran yang menggunakan beberapa aplikasi, untuk itu guru memang dituntut untuk melek teknologi dan tidak gagap dengan aplikasi-aplikasi yang baru dalam menunjang pembelajaran.

Sama halnya dengan penyampaian materi, di bagian evaluasipun ada yang harus dilakukan guru agar siswa tidak merasa bosan mengerjakan tugas mereka hanya di buku mereka saja. Untuk itu guru berusaha mencari referensi dari internet maupun dari teman sejawat. Google form dipilh guru merupakan Langkah awal yang dilakukan agar siswa mengenal istilah dan bisa menggunakan media tersebut khususnya dalam segi evaluasi. Hal tersebut dipraktikkan di SD Negeri 03 Bojongnangka kelas VI yang nota bene tingkat tertinggi di SD yang perlu dipersiapkan ke jenjang tingkat pendidikan SMP.

Baca juga:   Mudah dan Asyik Belajar Interaksi Sosial dengan Project Based Learning

Hal barupun perlu mereka kenal sejak di SD agar mereka tidak gagap teknologi saat di SMP contohnya aplikasi zoom maupun google meet dalam pembelajaran dan google form dalam tahap evaluasinya.

Menurut Wulan E.R. dan Rusdiana (2014: 28), “Evaluasi pembelajaran merupakan evaluasi dalam bidang pembelajaran. Tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pengajaran guru. Evaluasi pembelajaran mencakup kegiatan pengukuran dan penilaian.”

Evaluasi pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting dalam kurikulum dan proses pembelajaran. Fungsi utama dari evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui sejauh mana kemajuan, perkembangan, serta keberhasilan siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran dalam jangka waktu yang ditetapkan. Selanjutnya, hasil evaluasi pembelajaran dapat difungsikan dalam perbaikan cara belajar siswa. Menurut situs https://qwords.com/blog/mengenal-google-form/ Google form adalah layanan dari Google yang memungkinkan seseorang untuk membuat survei, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi seseorang bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audien yang mengikuti survei.

Baca juga:   Mendalami Salat melalui Think Pair and Share

Langkah awal yang dilakukan yaitu guru mengelola google drive dan memulai membuat google form dalam menu yang terdapat di google drive. Setelah google formnya jadi dan siap dikirim guru membagikan link atau halaman website agar dapat diakses oleh siswa. Penggunaan google form dalam evaluasi mempermudah guru dan siswa. Keuntungan bagi guru yaitu guru bisa melihat respons siswa secara real time setiap saat, hasil jawaban siswa tersusun rapi dapat dianalisis secara otomatis.

Dalam google form terdapat grafik hasil tanggapan siswa pada setiap pilihan. Hal ini mempermudah guru menganalisis soal yaitu melihat soal yang belum dikuasai siswa sehingga guru bisa memperdalam materi tersebut pada saat refleksi maupun pengayaan. Dengan google form yang tersambung dengan google drive maka guru bisa langsung melihat hasil nilai siswa di bagian Spreadsheet yakni aplikasi semacam Ms. Office Excel.

Keuntungan bagi siswa yaitu siswa kelas VI SD Negeri 03 Bojongnangka merasa lebih menghemat waktu dalam mengerjakan soal. Karena tidak perlu mencatat sehingga bisa menghemat penggunaan kertas. Materinyapun dirasa sesuai dengan soal yang keluar di google form dan siswa merasa link yang dishare mudah diakses. (ips1/lis)

Guru SD Negeri 03 Bojongnangka, Pemalang

Author

Populer

Lainnya