Belajar Kubus dan Balok dengan Model PjBL dalam Moda Daring

Oleh: Argo Suryawan, S.Si

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SISTEM pengajaran di Indonesia yang sedang dalam keadaan pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Penyampaian materi secara daring, jika tidak dilakukan dengan tepat dapat membuat kreativitas dan aktivitas fisik peserta didik terkendala. Oleh sebab itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang bisa meningkatkan kreativitas dan aktivitas fisik. Salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung peserta didik untuk meningkatkan kreativitas dan aktivitas adalah Project Based Learning (PjBL).

Kubus dan balok merupakan sub materi dari materi bangun ruang sisi datar. Pada kurikulum 2013, materi ini dipelajari pada kelas VIII semester 2. Materi ini cocok diajarkan dengan model PjBL. Langkah–langkah dalam model PjBL untuk materi bangun ruang kubus dan balok sebagai berikut.

Pertama, guru menentukan pertanyaan yang mendasar. Misalnya: Bagaimana menentukan luas kubus dan balok?. Bagaimana menentukan volume kubus dan balok?. Pertanyaan ini bersifat eksploratif yang bermuara pada penugasan peserta didik.
Kedua, mendesain perencanaan proyek. Hal yang dilakukan guru pada fase ini: Guru membagi peserta didik dalam kelompok kecil beranggotakan 4 orang. Lalu membuat grup WA untuk tiap–tiap kelompok belajar. Guru mendiskripsikan tugas masing-masing individu melalui grup WA. Guru bersama peserta didik membuat aturan main yang disepakati bersama, yaitu : setiap kelompok membuat bangun ruang kubus dan balok beserta jaring-jaringnya, waktu untuk mengerjakan proyek paling lama 2 minggu, alat dan bahan yang diperlukan dan membuat laporan di akhir kegiatan.

Baca juga:   Ulangan Harian Matematika dengan Aplikasi Kuis Oline Quizizz

Ketiga, menyusun jadwal. Pada fase ini, guru dan peserta didik menyusun jadwal kegiatan. Misalnya: hari pertama mengumpulkan informasi mengenai luas dan volume kubus dan balok, hari kedua menyiapkan alat dan bahan, hari ketiga sampai ketujuh membuat bangun ruang kubus dan balok beserta jaring-jaringnya, hari ke delapan sampai kesepuluh peserta didik menyelesaikan lembar kerja yang dibagikan guru, hari kesebelas peserta didik konsultasi kepada guru mengenai proyek yang telah dilaksanakan, hari keduabelas dan tigabelas peserta didik menyusun laporan dan hari keempatbelas presentasi laporan. Guru juga menginformasikan melalui grup WA, semua kegiatan dilakukan di rumah masing-masing.

Keempat, memonitor peserta didik dan kemajuan proyek. Guru membagikan lembar kerja melalui grup WA yang berisi tugas proyek dengan tagihan: menuliskan informasi yang secara eksplisit dinyatakan dalam tugas, menuliskan beberapa pertanyaan yang terkait dengan tugas yang diberikan, menuliskan konsep-konsep matematika berdasarkan pengalaman belajarnya yang terkait dengan tugas, mengaitkan konsep-konsep yang dinyatakan secara eksplisit dalam tugas dengan konsep-konsep yang dimiliki oleh peserta didik berdasarkan pengalaman belajarnya, membuat dugaan-dugaan, menguji dugaan dengan cara mencoba dan menarik kesimpulan. Guru juga memonitor dan memastikan kegiatan ini berjalan sesuai jadwal melalui grup WA.

Baca juga:   Metode Cerita Berantai Tingkatkan Keterampilan Berbicara

Kelima, guru menguji hasil. Pada fase ini, peserta didik mempresentasikan laporannya. Presentasi dilaksanakan dengan membuat video, kemudian diunggah pada grup WA. Guru melakukan penilaian untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Penilaian berdasarkan rubrik yang telah disusun.

Keenam, mengevaluasi pengalaman. Pada fase ini, guru dan peserta didik melakukan refleksi secara daring melalui grup WA terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Hal-hal yang direfleksi antara lain: kesulitan yang dialami dan cara mengatasinya dan perasaan yang dirasakan pada saat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Selanjutnya kelompok lain diminta menanggapi.

Model PjBL ini telah penulis terapkan di SMP N 4 Boja Satap. Secara umum model PjBL berhasil meningkatkan kreativitas dan aktivitas fisik peserta didik selama mengikuti pembelajaran daring dari rumah. (ips2/zal)

Guru SMPN 4 Boja Satu Atap, Kendal

Author

Populer

Lainnya