Belajar Kemagnetan Menjadi Jelas dengan Video Pembelajaran Aplikasi DURecorder

Oleh: Drs. Koko Supratiyoko, M. Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Teknologi informasi melalui jaringan internet dewasa ini merupakan sumber informasi dan belajar yang penting. Oleh karena itu guru IPA harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan media ini dalam mencari informasi dan menggunakan sebagai sumber belajar. Dari sumber internet ini guru dapat mengemas menjadi media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Media dapat berfungsi mencegah kesalahan konsep, membuat suasana belajar aktif dan memotivasi siswa belajar.

Permasalahan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 7 Semarang pada tahun ajaran 2020/2021 adalah siswa kesulitan dalam memahami konsep kemagnetan dan penggunaan alat pelajaran dengan aplikasi DURecorder belum banyak digunakan guru.

Salah satu cara untuk menghasilkan proses pembelajaran kemagnetan yang menarik adalah dengan memanfaatkan video sebagai sumber dan media pembelajaran.

Seorang guru pada saat mengajar perlu memilih media pembelajaran yang cocok dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Pemilihan media tersebut bisa didasarkan pada : pertama, ia sudah akrab dengan media tersebut. Kedua dapat menggambarkan dengan lebih baik materi pembelajaran daripada tanpa kehadirannya. Ketiga dapat lebih menarik perhatian, minat, menuntunnya menerima materi pembelajaran lebih terorganisasi dan terstruktur (Prihadi, 2010).
Penggunaan video sebagai media pembelajaran memiliki tujuan, antara lain: memperjelas dan mempermudah penyampaian pesan agar tidak terlalu verbalistis. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indra peserta didik maupun instruktur, dapat digunakan secara tepat dan bervariasi. (Cheppy Riyana, 2007).

Baca juga:   Pembiasaan Menggunakan Tanda Baca yang Tepat pada Siswa SD

Video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran.

Media aplikasi DURecorder yang berbasis video didesain dengan menggunakan prinsip-prinsip pengembangan yang memperhatikan aspek yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran sehingga siswa termotivasi dalam belajar, optimalisasi potensi raga dan jiwa ketika pembelajaran berlangsung serta dapat dipergunakan sesuai tingkat kecepatan berpikir siswa dalam memahami materi dan kebutuhannya.

Dalam pembelajaran menggunakan media video diperlukan perencanaan yang rinci dan matang untuk memperoleh hasil yang maksimal. Guru memaparkan materi dengan menampilkan PPT dan menjelaskan tiap slide dengan merekam menggunakan aplikasi DURecorder. Video ini dapat digunakan sebagai pengantar pembelajaran jarak jauh dan menanamkan konsep dasar pada siswa terutama di saat pandemi.

Cara menggunakan media video dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut: menyiapkan video pembelajaran dengan aplikasi DURecorder yang sudah dibuat guru. Menyiapkan perangkat pendukung kegiatan belajar siswa dalam menonton video di Google Classroom seperti komputer, laptop, HP. Hasil rekaman video pembelajaran dapat di-share kepada siswa dengan menggunakan link.

Baca juga:   Reading Tracing Optimalkan Penilaian Diri Siswa

Video pembelajaran bisa digunakan secara individu dan kelompok dengan menge-share secara langsung ke WA, Zoom Meeting atau Google Classroom.

Penggunaan video pembelajaran materi kemagnetan membuat siswa lebih fokus pada materi yang diajarkan. Melalui video pembelajaran yang berisikan gambar, animasi, narasi, dan teks, materi dan konsep lebih mudah dipahami siswa sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Sekaligus menjadikan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Guru lebih mudah menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa atau pengguna secara interaktif karena video pembelajaran ini dapat memberikan stimulus dan pemahaman yang lebih beragam. (ips2/lis)

Guru IPA SMP Negeri 7 Semarang

Author

Populer

Lainnya