Jiwa Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru

Oleh : Tanyar, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan dapat dikatakan sebagai suatu usaha yang disengaja dan terencana agar mencapai suatu tujuan tertentu sesuai dengan keinginan. Tujuan pendidikan itu sendiri yaitu untuk menjadikan sumber daya manusia yang lebih baik dan berkualitas. Proses pembelajaran yang berlangsung dalam lembaga pendidikan atau sekolah adalah salah satu bentuk usaha dari pendidikan dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang baik. Guna mewujudkan tujuan awal pendidikan dalam lembaga pendidikan, dibutuhkan sosok pemimpin atau leader untuk mengawal program yang direncanakan agar berjalan sesuai arah. Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peranan yang penting untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia tersebut.

Tugas dan peran kepala sekolah adalah meningkatkan profesionalitas kerja guru, sebab keefektifan organisasi sekolah sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Suparman (2019: 19) menjelaskan bahwa ketercapaian tujuan pendidikan sangat bergantung kepada kecakapan dan kebijaksanaan kepemimpinan kepala sekolah yang merupakan pemimpin pendidikan di sekolah.

Kepala sekolah bertugas mengatur semua sumber organisasi dan bekerjasama dengan guru-guru dalam mendidik siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan keprofesionalan kepala sekolah pengembangan profesionalisme tenaga kependidikan mudah dilakukan karena sesuai dengan fungsinya. Kepala sekolah memahami kebutuhan sekolah yang dipimpin sehingga kompetensi guru tidak hanya bertumpu pada kompetensi yang ia miliki sebelumnya, melainkan bertambah dan berkembang dengan baik sehingga profesionalisme guru akan berhasil. Pada sisi yang lain menjelaskan bahwa kehancuran lembaga pendidikan berawal dari pola kepemimpinan dalam sekolah.

Baca juga:   Belajar Menganalisa Perubahan Sosial Budaya melalui Media Online

Banyak yang beranggapan bahwa kepala sekolah adalah orang yang berkuasa di dalam sekolah, sehingga mengakibatkan sifat congkak yang dimiliki oleh kepala sekolah. Keberhasilan seorang pemimpin ditandai dengan adanya pendidik yang profesional dan mampu membantu mensejahterakan peserta didiknya. Keberhasilan peserta didik dalam proses belajar mengajar bertumpu kepada kemampuan seorang pendidik. Karena keberhasilan ini akan memberikan hal positif bagi peserta didik terutama prestasi yang ditandai dengan adanya lulusan yang berkualitas, sehingga dapat diterima baik oleh masyarakat sekitar. Keberhasilan menandakan bahwa tujuan pembelajaran dan tujuan lembaga pendidikan telah tercapai dan tercapainya tujuan tersebut akan meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan hal itu akan berpengaruh terhadap kualitas peserta didik.

Kemampuan kepala sekolah dalam merencanakan, mengendalikan, menggerakkan anggotanya dalam organisasi sekolah mempengaruhi berjalannya roda organisasi yang kondusif dan nyaman serta merupakan tugas utama kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk memajukan kualitas sekolah, seperti meningkatkan kualitas guru yang profesional dalam proses belajar mengajar di kelas, dan berbagai kegiatan yang terkait dengan sekolah. Kepala sekolah dituntut untuk memiliki leadership skills, managerial skills, dan learning skills. Kepala sekolah yang baik akan selalu memotivasi, mengarahkan, dan mengawasi para bawahannya agar dapat mengerjakan tugas dan perintah yang diberikan dengan baik demi tercapainya tujuan yang telah direncanakan. Kepala sekolah adalah orang yang memegang peran penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas suatu sekolah. Kepala sekolah adalah seorang pemimpin bagi para bawahannya.

Baca juga:   Lebih Asyik Belajar Alquran dengan Model Meniru dan Mengingat

Penulis sekaligus kepala sekolah di SDN Tumbrep 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang melakukan tugasnya dengan prinsip mengayomi dan kekeluargaan, sehimgga memotivasi guru dan semua anggota sekolah dalam meningkatkan kinerjanya. Pendekatan yang manusiawi ternyata dapat meningkatkan kinerja guru dan semua perangkat serta meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. (gb1/ton)

Guru SDN Tumbrep 01 Kec. Bandar Kab. Batang

Author

Populer

Lainnya