Mind Mapping, Belajar Stoikiometri Kimia lebih Berwarna

Oleh : Arifah Ariyani, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Stoikiometri berasal dari bahasa Yunani “stoicheion” yang berarti mengukur. Dalam ilmu kimia, stoikiometri berarti bagian ilmu kimia yang mempelajari kuantitas suatu zat dalam reaksi kimia. Kuantitas zat tersebut meliputi massa, jumlah mol, volume, jumlah partikel, kadar, konsentrasi dan perhitungan kimia yang menyangkut hubungan kuantitatif dari zat-zat yang terlibat dalam reaksi kimia. Cakupan materi pada stoikiometri kimia sangat luas dan cukup rumit sehingga diperlukan suatu cara yang efektif bagi peserta didik agar dapat menguasai materi ini, yang akan menjadi fondasi dalam perhitungan-perhitungan kimia pada materi selanjutnya dalam belajar kimia.

Membangun fondasi stoikiometri yang kokoh ternyata tidak mudah. Dalam belajar stoikimetri kimia peserta didik banyak disuguhi hidangan rumus-rumus dan perhitungan reaksi kimia, sehingga hal ini menjadi sebuah hidangan berat yang sulit dilahap habis.

Begitu banyak curahan hati peserta didik yang galau bagaimana seharusnya menyelesaikan persoalan yang diberikan, menggunakan rumus atau langkah yang mana, meski sudah cukup banyak berbagai tipe soal dan pembahasan yang dijelaskan oleh guru.

Mencoba menanggapi kegalauan tersebut, guru menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif sederhana namun memiliki banyak kelebihan dan dirasa sesuai dengan karakter juga kondisi peserta didik pada umumnya, yakni model pembelajaran mind mapping.

Baca juga:   Pentingnya Pengajaran Bahasa Inggris dalam Kehidupan

Mind mapping merupakan pengembangan model pembelajaran kooperatif dengan metode mengelola informasi melalui pemetaan pikiran terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya sehingga memudahkan untuk memahami materi yang sedang dibahas. Mind mapping melibatkan kedua sisi otak, yaitu menggunakan gambar, warna dan imajinasi (wilayah otak kanan) bersamaan dengan kata, angka, logika (wilayah otak kiri).

Beberapa kelebihan dari model pembelajaran mind mapping antara lain memudahkan kita melihat gambaran keseluruhan, membantu otak untuk mengatur, mengingat, membandingkan, dan membuat hubungan.Memudahkan menambahkan informasi baru, pengkajian ulang bisa lebih cepat, setiap peta bersifat unik (Maghfiroh, 2009:45).

Dengan menggunakan mind mapping, diharapkan peserta didik memiliki memori yang melekat pada materi yang telah disusun dan mempermudah dalam menyelesaikan persoalan stoikiometri kimia.

Langkah yang harus ditempuh peserta didik agar dapat membuat mind mapping dengan apik, bermakna, dan tak terlupakan bagi dirinya antara lain pertama menginventarisasi materi dan sub materi dalam stoikiometri kimia. Kedua menuliskan topik utama di tengah kertas. Ketiga meletakkan materi sebagai cabang dan sub materi sebagai anak cabang yang berhubungan dengan topik utama. Keempat menggunakan gambar, foto dan warna yang menarik. Kelima mengamati, menata ulang menjadi bagan yang lebih simple, unik, menarik serta tak terlupakan.

Baca juga:   Memahami Makna Sila-Sila Pancasila Menggunakan Problem Based Learning

Proses pembuatan mind mapping memang cukup menyita waktu tatap muka, peserta didik saling ingin tahu dengan konsep mind mapping teman lain, namun hal tersebut memberikan dampak positif, sebab ide dari teman lain menjadi inspirasi untuk mengkreasikan kembali mind mapping yang telah dibuatnya menjadi lebih menarik serta mudah dijadikan bahan acuan belajar.

Sebagai tolok ukur keberhasilan penerapan metode pembelajaran ini, digunakan paramater penilaian pengetahuan dalam penyelesaian materi stoikiometri kimia yang meningkat, penilaian keterampilan dalam penyusunan mind mapping dan sikap peserta didik yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar materi stoikiometri kimia secara keseluruhan.
Keuntungan yang diperoleh peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif mind mapping sangat nyata dirasakan. Begitu banyak ide kreatif muncul, percaya diri dalam mengekspresikan jiwa seni yang dimilikinya serta kepuasan terhadap kemampuan yang dikuasai dalam menyelesaikan berbagai tipe soal materi stoikiometri kimia. (ips2/lis)

Guru SMA Negeri 1 Karangkobar

Author

Populer

Lainnya