PJJ IPS Lebih Bermakna dengan Kehadiran Guru melalui Video Pembelajaran

Oleh : Farida Ariyani, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun telah melanda hampir seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Pandemi ini telah membuat Pemerintah Indonesia mengambil sejumlah kebijakan untuk memutus rantai penularan Covid-19. Kebijakan utamanya adalah memprioritaskan kesehatan dan keselamatan rakyat yaitu dengan cara bekerja, beribadah dan belajar dari rumah.

Selama menjalankan PJJ, peserta didik yang berasal dari keluarga yang tidak memiliki fasilitas internet atau terbatasnya fasilitas internet akan tertinggal jika materi yang disampaikan guru melalui live chat seperti Whatsapp dan google classroom maupun melalui video conference seperti Zoom maupun google meet. Selain permasalahan ini, permasalahan yang juga kerap terjadi di peserta didik adalah kurangnya minat belajar karena merasa bosan menjalankan PJJ, sebab selama ini guru hanya memberikan materi berupa catatan dari paket kemudian memberikan tugas.

Ada beberapa metode pembelajaran yang bisa dilakukan agar proses belajar mengajar dalam mapel IPS dapat berjalan dengak baik dan lancar. Salah satu metode yang dilakukan oleh guru IPS di SMP N 28 Semarang adalah dengan cara membuat video pembelajaran yang dilakukan oleh guru itu sendiri. Penggunaan video pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat memberikan kesan bermakna kepada peserta didik bahwa guru tetap hadir di antara mereka meskipun hanya sebatas visual daripada menggunkan video pembelajaran yang dilakukan oleh orang lain.

Baca juga:   Belajar Asyik Mobilitas Sosial dengan Pendekatan Saintifik

Penggunaan video pembelajaran juga meruakan salah satu solusi agar peserta didik yang terkendala fasilitas tidak tertinggal materi. Hal ini disebabkan, video pembelajaran yang telah diupload di platform berbagi video semisal Youtube bisa diakses kapan saja ketika peserta didik memiliki fasilitas. Contoh kecilnya, ketika peserta didiki ada yang hanya memiliki satu perangkat saja di keluarganya dan pada saat pembelajaran bersamaan dengan ulangan saudaranya maka peserta didik tersebut dapat melihat video pembelajaran setelah saudaranya menyelesaikan ulangannya.

Adapun langkah pembelajaran yang dilakukan sebagai berikut, pertama, sebelum pembelajaran dimulai guru sudah menyiapkan video pembelajaran yang sudah diupload ke Youtube. Kedua, guru menyampaikan tautan video/ link melalui WhatsApp Group ataupun Google classroom, setelah itu guru memberikan waktu agar peserta didik dapat mencermati video tersebut. Kemudian ketiga, guru memberikan daftar hadir dan lembar kerja peserta didik berupa soal evaluasi melalui tautan / link yang sebelumnya telah disiapkan pada kolom komentar video di Youtube. Terakhir, guru bersama-sama dengan peserta didik menarik kesimpulan dari video yang telah ditonton melui WhatsApp Group ataupun Google classroom.

Baca juga:   Pembelajaran IPA Efektif selama PTM dengan Blended Learning

Penerapan pembelajaran IPS menggunakan video pembelajaran di SMP Negeri 28 Kota Semarang dalam pembelajaran jarak jauh dapat dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dan aktivitas pembelajaran bisa berlangsung aktif, efektif, dan tidak membosankan. Partisipasi siswa dalam mengikuti PJJ pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan media film dapat meningkat. Hasil pelaksanaan tes awal yang hanya menggunakan metode membaca materi dan penugasan diperoleh tingkat ketuntasan belajar hanya sebesar 56,25 persen dengan nilai rata-rata 65,25. Sedangkan dengan penggunaan media film dokumenter, hasil dari penilaian harian yang didapat mencapai ketuntasan belajar sebesar 87,5 persen dengan nilai rata-rata 82. Adapun partisipasi peserta didik juga meningkat dari yang hanya rata-rata 23 dari 32 peserta didik perkelas yang mengikuti pembelajaran meningkat menjadi 30 dari 32 peserta didik perkelas setelah mengunakan video pembelajaran oleh guru. Berdasarkan pada hal tersebut, video pembelajaran yang dilakukan oleh guru bisa dijadikan media alternatif yang menyenangkan dalam PJJ serta dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. (ips1/ton)

SMP Negeri 28 Semarang Guru Mapel IPS

Author

Populer

Lainnya