Video Editing dengan Smartphone, Tingkatkan Keterampilan Siswa

Oleh : Endrat Sutopo S.Kom

spot_img

RADARSEMARANG.ID,TINGKAT penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dunia terus meningkat. Penyedia jasa komunikasi terus mengalami kemajuan terutama untuk sektor penggunaan telepon selular. Smartphone sebagai salah satu perangkat TIK menjadi kebutuhan penting masyarakat mulai dari kalangan pelajar sampai kalangan umum.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, berbagai sektor kehidupan masyarakat ikut berkembang. Salah satunya, sektor media penyiaran video berbasis digital seperti Youtube yang secara cepat menggeser peran media penyiaran konfensional berbasis televisi. Media penyiaran seperti Youtube atau New Media, yaitu media penyiaran yang menggunakan internet, berbasis teknologi, bersifat interaktif, serta dapat berfungsi secara tertutup (private) maupun secara terbuka/umum (public).

Perkembangan berbagai platform New Media memungkinkan bagi setiap orang dari berbagai kalangan untuk menjadi pengembang materi (content). Sebagai contoh dalam platform Youtube muncul istilah Youtuber, yaitu orang-orang yang membuat content creative dalam channel Youtube. Youtuber menjadi salah satu trend profesi modern dengan kesempatan penghasilan yang menjanjikan. Untuk menjadi seorang Youtuber kita harus memiliki bahan-bahan untuk di-video-kan yang memiliki daya tarik tertentu bagi masyarakat. Video yang dihasilkanpun harus dikemas sedemikian rupa agar menarik untuk disaksikan. Dalam hal ini muncul trend profesi baru lagi yang disebut dengan video editor, yaitu orang yang melakukan pengolahan video.

Baca juga:   Pemanfaatan Lampu Ultraviolet dalam Praktikum IPA untuk Mendeteksi Zat Pewarna Aditif Makanan

Proses pengolahan video (video editing) yang dilakukan oleh seorang video editor menjadi salah satu penentu kualitas video yang akan dipublikasikan melalui New Media. Keterampilan dalam mengolah video tidaklah bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Banyak hal yang harus dipelajari dalam proses pengolahan video, seperti perangkat apa yang harus digunakan, aplikasi apa yang harus digunakan dan bagaimana cara menggunakannya.

Biaya pengadaan perangkat dan aplikasi menjadi permasalahan penting yang harus diperhitungkan untuk dapat menghasilkan video yang berkualitas. Berkembangnya perangkat smartphone memungkinkan kita untuk melakukan pengolahan video dengan perangkat dan aplikasi yang sederhana namun mampu menghasilkan olahan video berkualitas.

SMP Negeri 1 Salatiga yang menerapkan Kurikulum KTSP 2013 mencoba untuk membekali peserta didik sejak dini tentang keterampilan pengolahan video. Hal tersebut dilakukan dengan memasukkan materi pengolahan video berbasis perangkat smartphone pada pembelajaran Bimbingan TIK.

Pembelajaran jarak jauh yang diimplementasikan di SMP Negeri 1 Salatiga memicu peserta didik untuk menggunakan perangkat smartphone agar dapat mengikuti pembelajaran. Kondisi tersebut sangat mendukung untuk penyampaian materi video editing berbasis smartphone. Dengan perangkat dan aplikasi sederhana peserta didik akan mendapatkan bekal berupa keterampilan pengolahan video untuk menghadapi tantangan perkembangan teknologi global saat ini.

Baca juga:   Penerapan Game Educandy sebagai Selingan dalam Layanan Bimbingan Klasikal

Aplikasi pengolah video berbasis smartphone yang digunakan pada pembelajaran adalah aplikasi Kinemaster. Aplikasi tersebut dapat dipasang pada perangkat smartphone dengan mudah dan terdapat versi tidak berbayar. Tampilan yang elegan, mudah digunakan dan fasilitas yang lengkap menjadikan aplikasi Kinemaster ini pilihan tepat untuk digunakan meskipun hanya dengan memanfaatkan versi tidak berbayar.

Berkembangnya model penyiaran Media, munculnya profesi-profesi baru berkaitan dengan content video serta tersedianya perangkat bagi peserta didik yang mendukung untuk digunakan dalam praktik pengolahan video menjadi alasan utama kenapa materi pembelajaran tentang video editing dengan perangkat smartphone sangat esensial bagi peserta didik di zaman milenial seperti sekarang ini. (ss2/ida)

Guru TIK SMPN 1 Salatiga

Author

Populer

Lainnya