Google Classroom, Solusi Kelas Maya Pembelajaran Daring

Oleh: Saptianti Retno Asih, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, ADANYA wabah Covid-19 yang melanda, membuat kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan manusia menjadi berubah, begitu juga dalam dunia pendidikan. Semakin merebaknya wabah Covid-19 menyebabkan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara normal di kelas, tapi harus dilakukan secara jarak jauh (daring). Hal itu juga terjadi di sekolah penulis SD Negeri Sugihrejo 01, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati.

Pembelajaran yang dahulu bisa dilakukan dengan tatap muka sekarang hanya bisa dilakukan dengan tatap maya yang dilakukan dari rumah masing-masing guna menghindari semakin tersebarnya wabah Covid 19 pada anak-anak generasi penerus bangsa. Untuk menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi seperti ini guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar. Karena walaupun guru tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan peserta didik, materi pelajaran harus tersampaikan dengan baik kepada peserta didik.

Untuk mengajar secara daring ini seorang guru memerlukan suatu aplikasi kelas maya yang dapat mempermudah guru dalam proses belajar mengajar. Kelas maya ini digunakan untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian konten pembelajaran yang berbasis aplikasi digital. Karena berbasis aplikasi digital, selain memudahkan para guru dalam merencanakan proses belajar online, kelas maya juga memudahkan peserta didik untuk mengakses konten pembelajaran dari mana saja dan kapan saja. Lewat kelas maya tersebut, Guru lebih mudah membuat konten pembelajaran online, mulai dari perencanaan, pelaporan, hingga dokumentasi. Salah satu alternatif aplikasi kelas maya yang dapat digunakan guru adalah Google Classroom.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat dengan Tutor Sebaya

Google Classroom (Ruang Kelas Google) adalah suatu saplikasi pembelajaran online dari google yang dapat digunakan secara gratis. Guru dapat membuat kelas mereka sendiri dan membagikan kode kelas tersebut kepada peserta didik mereka di kelasnya. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan peserta didik Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan.

Aktivasi aplikasi Google Classroom juga cukup mudah yakni dengan terlebih dahulu guru dan peserta didik menyiapkan akun gmail. Kemudian buka aplikasi Google Classroom dan lakukan pendaftaran menggunakan akun gmail yang telah disiapkan sebelumnya. Kemudian ikuti langkah-langkah pendaftaran yang ada dan aplikasi Google Classroom sudah dapat digunakan untuk pembelajaran daring. Untuk menggunakan aplikasi ini, guru dan peserta didik dapat menggunakan laptop, HP android, maupun tablet.

Di dalam Google Classroom setiap peserta didik dapat mengirimkan tugas mereka untuk dinilai oleh guru. Pada aplikasi Google Classroom juga memungkinkan pengguna (peserta didik dan guru) mengambil foto dan melampirkan penugasan, berbagi file dari aplikasi lain, dan mengakses informasi secara offline. Guru juga dapat membagikan video-vidio pembelajaran karya mereka dalam aplikasi Google Classroom dan jika guru ingin melakukan tatap maya dengan peserta didiknya guru dapat menyisipkan link Google Meet ke dalam kelas mereka. Guru dapat memantau kemajuan setiap peserta didik mereka hanya dengan satu aplikasi.

Baca juga:   Blended Learning Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

Selain itu, Guru juga dapat memberikan e-mail secara berkala kepada orang tua mengenai hasil kerja dan kemajuan putra putrinya selama pembelajaran daring. Google Classroom menjadi sarana bagi guru, peserta didik dan orang tua untuk menjalin komunikasi yang baik mengenai pembelajaran daring yang dilakukan. Dengan berbagai kemudahan dan manfaat yang didapat dari Google Classroom maka aplikasi ini bisa menjadi satu pilihan yang tepat bagi Guru untuk melakukan pembelajaran daring di masa pandemi ini. (*/zal)

Guru SDN Sugihrejo 01, Kabupaten Pati

Author

Populer

Lainnya