Belajar Teks Prosedur dengan Memanfaatkan Media QR Code dan Alat Pindai

Oleh : Trimulyo, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu. Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara sesorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Salah satu pertanda bahwa sesorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, ketrampilan, atau sikapnya (Azhar Arsyad, 2011).

Salah satu materi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 3 Mranggen adalah tentang teks prosedur. Teks prosedur adalah teks yang berupa petunjuk untuk memandu atau mengarahkan seseorang melakukan pekerjaan agar berhasil dengan baik. Pembelajaran teks prosedur menarik disampaikan dengan menggunakan bantuan alat pindai (scanner) dan QR Code.

Bagaimana pembelajaran teks prosedur untuk kompetensi dasar menelaah struktur dan aspek kebahsaan teks prosedur bisa dilaksankan secara menarik dan menghasilkan capain yang sesui tujuan? Berikut ini cara yang bisa disiapkan oleh guru kelas VII.

Pertama, guru menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dikemas sesuai dengan petunjuk pembuatan RPP. Dalam menyusun RPP, guru sudah memiliki gambaran tentang bagaimana nanti proses pembelajarannya. Kedua, guru harus menyiapkan media alat pindai (scanner) dan QR Code yang akan dipakai dalam pembelajaran.

Baca juga:   Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid-19

Pada dasarnya yang disebut dengan media adalah perantara. Melalui media yang disiapkaan, peserta didik bisa lebih memahami pembelajaran yang sedang berlangsung. Proses menyiapkan alat pindai (scanner) dan QR Code.bisa dilakukan sebagai berikut.

Pertama, mengunduh aplikasi QR generator gratis untuk membuat QR Code melalui laptop. Melalui QR Generator inilah proses mengubah teks menjadi QR Code. QR Code adalah gambar yang berbentuk dua dimensi yang di keempat sudutnya terdapat 3 kotak kecil yang mampu menyimpan data. Dan QR Code inilah yang nanti akan digunakan sebagai media pembelajaran teks prosedur. Untuk bisa mengetahui informasi yang terdapat pada QR Code dibutuhkan alat baca yang disebut alat pindai (scanner).

Kedua, mengunduh barcode scanner atau aplikasi sejenis yang terdapat di palystore android. Alat inilah yang nanti akan berfungsi untuk mengetahui informasi dalam QR Code yang disajikan oleh gurunya. Untuk bisa belajar teks prosedur dengan media ini maka masing-masing peserta didik harus mengunduh aplikasi tersebut di androidnya.

Rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah disiapkan dengan matang dapat segera dilaksanakan bersama para peserta didik. Guru pada kegiatan inti menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh peserta didik. Sebelumnya guru sudah membuat langkah-langkah atau prosedur yang harus diikuti secara benar tentang melakukan sesuatu ke dalam QR Code. Setiap langkah prosedur sudah diubah menjadi QR Code dengan mesin QR Generator. Para peserta didik berkelompok untuk menemukan informasi tentang langkah-langkah dalam teks prosedur melalui QR Code yang dibagikan oleh guru. Setiap kalimat atau informasi yang di dapat dari proses memindai dengan scanner ditulis dibuku. Setelah semua dipindai maka selanjutnya peserta didik diminta mengurutkannya dengan benar.

Baca juga:   E-Learning Tingkatkan Minat Siswa Belajar IPS

Pembelajaran ini juga bisa dimodifikasi seperti kuis atau game sehingga menjadikan para peserta didik lebih antusias mengikuti. Misalnya QR Code diacak dan masing-masing kelompok atau individu memindai satu QR Code dan menempatkan atau menempelkannya di papan tulis. Setelah semuanya terpasang baru dilaksanakan pemindaian

Melakukan pembelajaran dengan model ini terbukti menimbulkan rasa ingin tahu para peserta didik tentang teknologi yang tidak pernah mereka dapati dalam proses pembelajaran sebelumnya. Dengan memiliki rasa ingin tahu inilah tujuan pembelajaran akan dapat dicapai. (lbs2/ton)

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Mranggen

Author

Populer

Lainnya