Kolaborasi Orang Tua dan Make a Match Tingkatkan Belajar IPS Masa Pandemi

Oleh: Sumarsih, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan ilmu kajian tentang kahidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Dengan kata lain bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki kajian yang sangat kompleks tentang kehidupan manusia dan lingkungannya berserta aspek-aspek kehidupan manusia itu sendiri.

Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Kemampuan-kemampuan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil belajar dapat dilihat melalui kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan tingkat kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil belajar yang diteliti dalam penelitian ini ialah hasil belajar kognitif IPS yang mencakup tiga tingkatan yaitu pengetahuan, pemahaman, dan penerapan.

Materi dalam IPS sangat luas karena menggabungkan Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Materi diajarkan secara terpadu sehingga membuat siswa beranggapan terlalu banyak dan sulit dihafalkan. Dampaknya adalah nilai hasil belajar kurang optimal dan rasa ingin tahunya kurang berkembang. Hal ini yang dialami sebagian besar siswa kelas VIII di SMPN 35 Semarang nilai hasil belajar IPS rendah. Masa pandemi menyebabkan motivasi belajar kurang optimal, terutama pada materi sejarah Kolonialisme di Indonesia yang perlu dibaca dan dipahami serta dihafalkan. Apalagi pandemi Covid memaksa kebijakan sosial distancing untuk meminimalkan persebaran Covid -19 yang belum kunjung usai mengharuskan kita untuk memilih metode yang sesuai dengan kondisi siswa secara daring.

Baca juga:   Keberagaman Pengetahuan Orang Tua Siswa Pengaruhi Kualitas BDR

Untuk mengatasi hal tersebut penulis berusaha menerapkan model pembelajaran “Kolaborasi Orang tua dan Make a Match” terhadap mapel IPS khususnya materi Masa Kolonialisme di Indonesia dengan model daring yang diselingi dengan tindakan membangkitkan motivasi siswa. Kondisi ini dapat mengubah pemahaman sekaligus perolehan nilai hasil belajar yang optimal meskipun dalam suasana pandemi corona, karena motivasi sangat erat kaitannya dengan keberhasilan belajar yang dicapai siswa.

Model pembelajaran make and match adalah sistem pembelajaran yang mengutamakan penanaman kemampuan sosial terutama kemampuan bekerja sama, kemampuan berinteraksi, di samping kemampuan berpikir cepat melalui permainan mencari pasangan dengan dibantu kartu (Wahab, 2007 : 59). Adapun langkah – langkah pembelajaran sebagai berikut: 1) Guru menyiapkan materi dan siswa mempelajari materi didampingi orang tua. 2) Guru menyiapkan kartu yang berisi soal dan jawaban ke siswa dan dishare ke orang tua. 3) Tiap siswa dan orang tua memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang. 4) Setiap siswa bersama orang tua mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. 5) Setiap siswa dan orang tua yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin. 6) Selanjutnya kegiatan tersebut diulang terus sampai semua pertanyaan dan jawaban benar kemudian di-share ke group WA. 7) Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan.

Baca juga:   Strategi Student Facilitator and Explaining Tingkatkan Pemahaman Keberagaman

Implementasi model Make a Macth adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada kerjasama dalam struktur kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar yang terwujud dari keterlibatan siswa selama pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran “Kolaborasi Orang tua dan Make a Match” mempunyai kelebihan yaitu dapat menjadikan siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif serta meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat melatih kedisiplinan siswa dalam proses belajar. Hasil belajar siswa secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dan derajat perubahan prilaku yang bersangkutan sedangkan kelemahan model ini adalah harus dipersiapkan dengan matang. (ipa2/ton)

Guru SMP Negeri 35 Semarang

Author

Populer

Lainnya