Pelayanan Peminjaman E-Book di Perpustakaan Darul Qolam MTsN 1 Magelang

Oleh : Anisah, S.Pd., M.S.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Masa pandemi yang berlangsung selama satu setengah tahun menyebabkan pelayanan perpustakaan mengalami kendala. Siswa tidak boleh meminjam buku di perpustakaan karena belajar di rumah. Mereka dilarang berkerumun dan harus menjaga jarak dengan orang lain.

Menyikapi permasalahan pandemi pelayanan peminjaman buku di perpustakaan mengambil kebijakan baru, yaitu pelayanan buku elektronik atau pelayanan e-book.

Selama pandemi, sebelum pelayanan e-book diluncurkan, perpustakaan kami meminjamkan buku secara manual dengan prokes kesehatan tetap dilaksanakan. Peminjaman buku paket diatur hanya 50 persen per kelas. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan yang bisa menyebabkan penularan Covid-19.

Setelah satu tahun berlangsung, terus diadakan diskusi mengenai peminjaman yang lebih aman dan efektif bagi siswa. Mulailah diluncurkan program peminjaman buku elektronik.

Dalam Warta Ekonomi.co.id, pukul 04.18 WIB, tanggal 26 Juli 2021, Kepala Perpustakaan Nasional Muhamad Syarif Bando menyampaikan program aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dapat diakses masyarakat.
Hal inilah yang menjadikan landasan dibukanya peminjaman e-book di MTsN 1 Magelang. Pustakawan Uji Nindya Dian Shinta, Si.Pust. lalu mempelajari dan mencermati seluk beluk peminjaman digital agar bisa melayani peminjaman e-book di perpustakaan Darul Qolam.

Baca juga:   Permainan Enam Topi Berpikir untuk Ciptakan Solusi

Langkah-langkah pelayanan peminjaman e-book dilaksanakan sebagai berikut. Pertama, anggota harus mendaftar sebagai anggota menggunakan email atau akun Facebook. Kedua, peminjam memilih buku digital di-e katalog lalu menekan tombol pinjam. Buku digital yang hendak dipinjam dan tidak sedang dalam pinjaman, bisa langsung diunduh. Ketiga, pemustaka bisa membaca buku secara online. Jika stok buku habis, pemustaka masuk daftar antrean.

Keempat, jangka waktu peminjaman hanya tiga hari saja. Kelima, pemustaka harus mengembalikan buku digital tersebut sebelum jangka waktu peminjaman berakhir, tetapi jika pemustaka belum selesai membaca, pemustaka bisa memperpanjang dengan mengisi form peminjaman.

Keenam, jika pemustaka tidak mengembalikandalam jangka waktu tiga hari tanpa konfirmasi perpanjangan waktu, maka buku tersebut otomatis akan hilang yang berarti sudah ditarik kembali oleh perpustakaan.

Cara menggunakan iPusDarulQolam MTsN 1 Magelang, pertama, pengguna mengunduh aplikasi iPusDarulQalam di perangkat elektronik. Kedua, mendaftar melalui dua pilihan, Facebook atau email. Ketiga, mengisi form registrasi. Keempat, mengisi biodata, termasuk foto pribadi.

Para siswa telah memiliki dua akun email maupun Facebook tersebut serta semua sudah memiliki HP android sehingga dengan mudah dapat mengakses aplikasi iPusDarulQolam dan meminjam buku sebagai pelengkap tugas yang diberikan oleh para guru.
Buku yang dipinjamkan kepada mereka meliputi buku paket, buku penunjang, buku fiksi, serta buku referensi. Meski masa pandemi siswa tidak berhenti belajar, tetap aktif mengerjakan tugas dari para guru serta bisa meminjam buku. Siswa dan petugas perpustakaan terbebas dari penularan Covid-19 yang sangat ganas di wilayah Jawa Tengah. (pm1/lis)

Baca juga:   Asyiknya Belajar Penguasaan Grammar dalam Perfect Tense melalui Dice Game

Guru MTsN 1 Magelang, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya