Metode Bermain Tingkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola Voli

Oleh : Susbiantara, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan jasmani di sekolah mempunyai arti penting bagi pendidikan secara keseluruhan. Keberadaan pendidikan jasmani di sekolah bukan hanya meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani saja, melainkan juga memberikan pengalaman pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor bagi anak. Untuk mencapai keberhasilan pengajaran pendidikan jasmani di sekolah, terdapat faktor yang mempengaruhi antara lain : guru, siswa, sarana dan prasarana serta kurikulum.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan pengajaran pendidklan jasmani adalah dengan menerapkan suatu metode yang mudah diterima oleh siswa. Salah satu alternatif untuk mempermudah penyampaian materi dari guru kepada anak didik adalah dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Metode-metode pembelajaran yang diberikan kepada anak didik diharapkan mampu mencapai tujuan dalam pendidikan jasmani dan juga diharapkan siswa dapat memeperoleh kemudahan-kemudahan dalam belajar karena penekanan utama pada metode bermain passing bawah adalah menciptakan suasana yang gembira dan senang pada siswa sekolah dasar serta mendorong minat siswa untuk berpartisipasi, kreatif serta komunikatif.

Pendidikan jasmani bagi sebagian kalangan terutama anak-anak seusia kelas V dan VI SD Negeri 01 Simego, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, permainan bola voli ini dirasakan cukup sulit dan menakutkan. Pada permainan ini terdapat kegiatan menahan, memukul, dan mendorong bola yang cukup keras dengan menggunakan kedua lengan yang tentunya bagi mereka kegiatan tersebut dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian lengannya. Beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli, yaitu di antaranya adalah mempassing bola, mensmash bola, membendung bola, dan men-service bola. Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam belajarnya, misalnya proses pembelajaran yang monoton, penerapan metode dan gaya mengajar yang konvensional, penggunaan media yang kurang sesuai. Hal tersebut dapat memengaruhi motivasi siswa dalam belajar.

Baca juga:   Gallery Walk Tingkatkan Aktivitas Siswa Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan

Oleh karena itu, agar motivasi siswa terus meningkat diperlukanlah sebuah perencanaan, strategi dan inovasi baru dalam proses pembelajarannya. Metode bermain passing bawah pada bola voli merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa pada suasana bermain dan terdapat kompetisi atau semacam perlombaan didalamnya. Permainan bola voli adalah olahraga yang dapat dimainkan oleh banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa wanita maupun pria. mengemukakan bahwa permainan bola voli merupakan suatu permainan yang kompleks dan tidak mudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Permainan bola voli dilakukan oleh dua regu yang saling berhadapan dengan dipisahkan oleh sebuah jaring di tengah lapangan dan setiap regu terdiri dari 6 orang yang dibatasi setiap satu setnya terdiri dari 25 poin dengan sistem rally point dan dipimpin oleh dua orang wasit. Dalam permainan bola voli diterapkan taktik individu dan beregu.

Taktik individu adalah usaha seseorang dalam bertahan atau menyerang untuk memenangkan permainan. Taktik individu dapat dilakukan pada saat melakukan servis, dan menerimah servis, melakukan set up, melakukan smesh atau melakukan bendungan. Teknik dasar bola voli terdiri atas bermacam-macam gerakan. Gerakan yang dimaksud disini adalah gerakan dengan teknik dasar yang dilakukan dengan benar. Penguasaan teknik dasar permainan bola voli antara lain, setup, passing, smash, dan block. Dari kelima teknik dasar metode bermain dalam pembelajaran passing bawah bolavoli di Sekolah Dasar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. (gb2/ton)

Baca juga:   Literasi Digital di Era Digital

Guru SDN 01 Simego Petungkriyono Pekalongan

Author

Populer

Lainnya