Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Oleh : Sri Rahmawati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran ekonomi merupakan disiplin ilmu terintegrasi dalam disiplin ilmu sosial yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.

Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan ilmiah yang menyentuh tiga ranah. Yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan maka diharapkan siswa tidak hanya bagus dalam aspek intelektualnya tetapi juga harus meningkat dalam aspek keterampilan, emosional dan spiritualnya. Kompetensi Inti (KI) mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (KI 1) sikap spiritual; (KI 2) sikap sosial; (KI 3) pengetahuan; (KI 4) dan keterampilan.

Keempat dimensi tersebut dirancang sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau program dalam mencapai standar kompetensi lulusan. Kompetensi yang berkaitan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching), yaitu pada saat peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi inti kelompok 3) dan penerapan pengetahuan atau keterampilan (kompetensi inti kelompok 4).

Terkait dengan sikap keagamaan dan sikap sosial yang dikembangkan secara tidak langsung, maka dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Ulujami dilaksanakan pada saat siswa belajar tentang pengetahuan dan keterampilan. Pada silabus mata pelajaran ekonomi kelas X SMA/MA, kompetensi dasar pengetahuan (KD.3.1) mendeskripsikam konsep dasar ilmu ekonomi dan kompetensi dasar ketrampilan (KD.4.1) Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan. Pada kompetensi dasar tersebut wajib diselipkan nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan kepada peserta didik.

Baca juga:   Microsoft Sway dan Microsoft Form Media Interaktif dalam Pembelajaran IPA

Nilai-nilai pendidikan karakter yang selama ini sudah ditanamkan kepada peserta didik menurut Kementerian Pendidikan yaitu religius, jujur, toleransi,disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Ilmu ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan tujuan untuk memperoleh kemakmuran yang diharapkan. Dalam kompetensi dasar (KD 3.1) mendeskripsikan konsep dasar ilmu ekonomi. Salah satunya adalah mempelajari tentang prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi dapat diartikan sebagai tindakan untuk mendapatkan hasil yang maksimum dengan pemanfaatan biaya minimum. Jika tidak ditanamkan nilai karakter pada peserta maka muncul sifat keserakahan dan menghalalkan segala cara dalam usaha dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan yang mereka harapkan dengan mengesampingkan nilai-nilai karakter yang ada dan cenderung dapat merugikan orang lain.

Dalam kompetensi keterampilan (KD 4.1) Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan, pada peserta didik harus ditanamkan pendidikan karakter jujur, bertanggung jawab, peduli lingkungan dan peduli sosial. Inti masalah ekonomi di antaranya manusia dihadapkan pada sumber daya yang terbatas. Karakter yang harus ditanamkan pada peserta didik terutama peduli lingkungan, peduli sosial dan bijaksana dalam penggunaan sumber daya yang terbatas agar penggunaannya tidak merugikan orang lain.

Baca juga:   Asyik Belajar Seni Budaya dengan “Permen Karet”

Dengan menanamkan nilai-nilai karakter maka diharapkan peserta didik dapat menerapkan karakter tersebut ketika terjun di masyarakat. Menjadi warga yang baik yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Sehingga bisa berpartisipasi mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur baik secara materiil maupun spiritual. (rs1/lis)

Guru Ekonomi SMAN 1 Ulujami, Pemalang

Author

Populer

Lainnya