Penggunaan Youtube dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Menghasilkan Produk Kreatif

Oleh : Hadi Raharjo, S.Pi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Distance education atau pendidikan jarak jauh merupakan metode peserta didik dengan pengajar berada di lokasi yang berbeda. Sehingga diperlukan sistem telekomunikasi yang interaktif untuk dapat terhubung satu dengan lainnya. Pada pembelajaran jarak jauh, peran teknologi sangatlah dibutuhkan, mengingat pembelajaran dilakukan secara daring atau online (Syafnidawaty, 2020).

Salah satu cara dalam pembelajarn jarak jauh ini yaitu dengan memanfaatkan media Youtube.Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Sekarang ini, hampir setiap remaja sudah kecanduan menonton Youtube daripada TV. Maka, guru bisa memanfaatkan aplikasi Youtube untuk pembelajaran jarak jauh.
Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan pada siswa kompetensi keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) kelas XI SMK N 3 Tegal pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) memanfaatkan Youtube.

Pembelajaran ini menghasilkan produk kreatif. Salah satu tujuan mata pelajaran PKK yaitu siswa mampu membuat sendiri contoh produk kreatif.

Untuk bisa menghasilkan produk kreatif, terlebih dahulu peserta didik disuruh browshing di Youtube. Produk kreatif bisa berupa pemanfaatan barang bekas atau tidak terpakai supaya bisa dimanfaatkan sehingga dapat menambah nilai guna. Contoh pembuatan produk kreatif yaitu memanfaatkan PSU komputer bekas yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan power supply serbaguna, dengan tegangan output 3 volt, 5 volt, dan 12 volt.

Baca juga:   Belajar Global Warming dengan Permainan Ular Tangga

Setelah browshing di Youtube dan mendapatkan link atau alamat situs tersebut, maka tinggal share ke peserta didik. Untuk mengshare link tersebut bisa melalui Whatshap grup sehingga lebih memudahkan dalam mengakses Youtube.

Setelah peserta didik menonton dan mempelajari langkah demi langkah yang ditayangkan dalam video Youtube. Selanjutnya peserta didik disuruh membuat produk sesuai dalam video.

Pembuatan produk kreatif berupa power supply dari PSU komputer bekas yang sudah tidak terpakai ini biayanya murah sedangkan manfaatnya sangat besar. Power supply dari PSU komputer bisa digunakan untuk berbagai macam peralatan elektronika yang ada di kapal penangkap ikan.

Peralatan elektronika yang ada di kapal ikan seperti GPS, Radar, fish finder, radio buoy, RDF dan lainnya memerlukan power supply dengan kestabilan yang optimal. Tegangan keluaran 12 volt dari power supply komputer lama ternyata mempunyai banyak kelebihan. Power supply unit (PSU) ini bisa dimanfaatkan untuk bermacam-macam keperluan yang menggunakan tegangan 12 volt DC dengan hasil yang cukup bagus.

Mungkin ada yang kesulitan mempunyai sebuah catu daya regulasi (regulated power supply) bertegangan 12 volt DC stabil dengan arus yang relatif besar yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk menghidupkan peralatan elektronika di kapal. Membuat sebuah regulator DC 12 volt dengan arus yang memadai dan kualitas tegangan stabil yang prima seringkali terasa cukup rumit dan juga banyak memerlukan biaya, terutama untuk membeli trafo yang besar dan transistor power yang bagus pada bagian regulator tegangannya. Sementara itu di gudang rumah kita mungkin masih tersimpan PSU bekas komputer 486 atau Pentium 1 yang masih berfungsi namun tidak digunakan, mengapa tidak digunakan saja PSU tersebut supaya bermanfaat.

Baca juga:   Belajar Bahasa Inggris melalui Film Animasi

Setelah menonton Youtube tentang proses pembuatan pembuatan power supply dari PSU komputer bekas, peserta didik dipersilakan mempraktikkan proses pembuatannya. Proses produksinya di rumah masing-masing. Kalau sudah selesai segera dikirim laporan hasil karyanya ke guru pengampu melalui WhatsApp grup.

Kesimpulan yang bisa diambil dari kegiatan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kali ini yaitu dengan mengakses Youtube, siswa dapat menciptakan daya kreatifitas dan menghasilkan sebuah produk yang tadinya tidak bermanfaat, menjadi bermanfaat dan bernilai tinggi. (ips1/lis)

Guru Produktif Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) SMKN 3 Kota Tegal

Author

Populer

Lainnya