Metode Penilaian Aspek Keterampilan Siswa melalui Youtube

Oleh: Nurkholis, M.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Upaya pemerintah memutus penyebaran Covid-19 dalam dunia pendidikan dilakukan dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh. Sistem pembelajaran ini dilakukan tanpa tatap muka langsung dan siswa tidak diwajibkan datang ke sekolah/kampus. Pembelajaran jarak jauh mengharuskan semua pihak memiliki akses internet yang baik untuk menjamin keberlangsungan proses pembelajaran.

Pada pelaksanaannya, sistem pembelajaran jarak jauh ini tidak menutup kemungkinan timbulnya permasalahan baik pendidik maupun siswanya. Salah satu masalah yang dihadapi pendidik pada pembelajaran jarak jauh yaitu proses penilaian aspek keterampilan.
Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa (PP.19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab I pasal 1 ayat 17). Dalam penilaian terdapat proses mengamati, merekam dan mengumpulkan berbagai data atau dokumentasi dari hasil karya yang sudah dikerjakan oleh anak dan bagaimana cara mereka mengerjakannya (Naeyc & Naesc/SDE, 1991).

Sedangkan menurut Wiggins (1993) dikutip oleh Rusman dalam buku Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori, Praktik dan Penilaian (2016) menyatakan penilaian adalah upaya pemberian tugas pendidik kepada siswa yang mencerminkan prioritas dan tantangan yang ditemukan dalam aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan).

Baca juga:   Efektivitas Berbagi Video pada Microsoft Office Team 365 dalam Pembelajaran Kritik dan Esai

Kewajiban melaporkan penilaian proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 menjadi dilematis tersendiri bagi para pendidik. Dunia maya tempat berlangsungnya pembelajaran bukanlah lahan efektif setingkat pembelajaran konvensional yang dapat mengukur kemampuan sebenarnya. Salah satu masalah dalam penilaian adalah penilaian pada ranah keterampilan. Pada ranah ini siswa dituntut untuk mampu menunjukkan ketrampilannya di hadapan guru sesuai indikator penilaian kompetensi.

Indikator penilaian kompetensi yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah kompetensi membaca dengan fasih ayat Alquran.
Penilaian keterampilan siswa mudah dilaksanakan pada pembelajaran tatap muka, akan tetapi sulit dilakukan pada pembelajaran jarak jauh. Para pendidik dituntut untuk lebih kreatif merancang proses pembelajaran termasuk kreativitas dalam memberikan alternative penilaian pada pembelajaran jarak jauh. Alternatif yang digunakan dalam proses penilaian keterampilan membaca Alquran siswa di SMAN 1 Larangan, Kabupaten Brebes adalah dengan memanfaatkan internet yaitu chanel Youtube.

Langkah awal proses penilaian aspek ketrampilan siswa dalam membaca Alquran dilakukan dengan memberikan perintah kepada siswa melalui grup Whatsapp. Siswa diberikan tugas mendokumentasikan aktivitas membaca Alquran dalam bentuk video. Setelah siswa selesai mendokumentasikan, video tersebut diupload di chanel Youtube. Siswa yang telah selesai mengupload video ke chanel Youtube diperintahkan untuk mencatat dan mengirimkan alamat link chanel Youtube yang menanyangkan tugas bacaan Alquran siswa yang bersangkutan, baik melalui grup Whatsapp atau ke nomor Whatsapp guru pengampu.

Baca juga:   Scratch Atasi Kebosanan Belajar dalam PJJ

Alamat link Youtube yang dikirimkan ke nomor Whatsapp para pendidik atau guru mata pelajaran menjadi bukti bahwa siswa tersebut telah menyelesaikan tugasnya. Pendidik dapat kapan saja membuka alamat link Youtube untuk memberikan penilaian sesuai kriteri yang ditentukan. Adapun alasan lain chanel Youtube dijadikan alternatif dalam proses penilaian adalah untuk mengurangi beban memori pada sistem penyimpanan yang dimiliki oleh pendidik.
Melalui metode penilaian ini diharapkan para pendidik mampu mengatasi masalah dalam penilaian khususnya pada aspek keterampilan. Kreativitas yang tinggi dan semangat yang kuat dalam diri para pendidik menjadi kekuatan untuk mengatasi segala bentuk permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan. (ips1/lis)

Guru PAI dan BP SMAN 1 Larangan, Kabupaten Brebes

Author

Populer

Lainnya