Belajar Asyik Memperbaiki Televisi Menggunakan Media Trainer Televisi

Oleh : Wiji Asmoro, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Istilah trainer dalam bahasa Inggris mengandung arti pelatih atau penggembleng. Menurut Dany Miftakhur Rakhman, dalam artikelnya menjelaskan trainer merupakan suatu modul simulator yang mensimulasikan sistem kerja dari proses kerja suatu sistem.

Jadi, trainer berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran dalam mensimulasikan suatu sistem kerja supaya siswa lebih mudah dalam memahami kegiatan pembelajaran.

Trainer bertujuan untuk memudahkan pembelajaran pada tahap awal dalam melakukan perbaikan televisi pada objek yang sesungguhnya, sehingga dapat mengurangi akibat fatal pada perangkat televisi saat melakukan perbaikan sesungguhnya.

Trainer merupakan suatu set peralatan laboratorium yang digunakan sebagai media pembelajaran yang merupakan gabungan antara model kerja dan mock-up. Trainer ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pengetahuan/konsep yang diperolehnya pada benda nyata.

Menurut Anderson (1994: 181), objek yang sesungguhnya atau benda model yang mirip sekali dengan benda nyatanya, akan memberikan rangsangan yang amat penting bagi siswa dalam mempelajari tugas yang menyangkut keterampilan psikomotorik.

Trainer bukan menggantikan pengajar tetapi alat bantu pembelajaran. Kegiatan pembelajaran konvensional dengan menggunakan alat bantu papan tulis dan presentasi power point kemudian dijelaskan secara lisan oleh guru kurang begitu maksimal terima oleh peserta didik.

Baca juga:   Tutor Sebaya Tingkatkan Semangat Belajar Siswa

Begitu pula tentang memperbaiki televisi menggunakan media papan tulis hanya digambarkan dengan bagian bagian blok televisi yang mengalami kerusakan dan dijelaskan oleh guru. Hal tersebut hanya menghasilkan sebuah gambaran imajiner dari pemahaman peserta didik tentang cara memperbaiki televisi.

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mempelajari sesuatu yang bermanfaat seperti fakta, keterampilan, nilai, konsep, dan bagaimana hidup serasi dengan sesama, atau suatu hasil belajar yang diinginkan, dengan menggunakan media trainer diharapkan proses pembelajarn perbaikan televisi menjadi lebih efektif dan efisien.

Salah satu tujuan dari penggunaan trainer di antaranya memudahkan peserta didik dalam memahami dan menguasai materi yang sedang dipelajari, menjadikan proses proses pembelajaran lebih efektif serta memudahkan guru dalam penyampaian materi kepada peserta didik.

Manfaat praktis penggunaan trainer di dalam proses belajar mengajar bagi peserta didik yang pertama, dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar. Kedua, trainer pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian peserta didik sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan peserta didik untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

Baca juga:   Tingkatkan Keterampilan Olahan Hasil Perikanan melalui Penemuan Terbimbing

Ketiga trainer pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indra, ruang dan waktu. Dan yang keempat trainer pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka. Serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya.

Pada trainer perbaikan televisi terdapat pin pin pengukuran tegangan dan tombol-tombol untuk mensimulasikan jenis jenis kerusakan yang terdapat pada televisi. Trainer perbaikan televisi yaitu televisi yang dilengkapi dengan tombol-tombol untuk menunjukkan kerusakan televisi dan saklar-saklar untuk menunjukkan solusi dari kerusakan televisi.

Trainer televisi digunakan sebelum peserta didik masuk pada materi perbaikan televisi, sehingga dapat mengurangi risiko-risiko kerusakan permanen pada televisi tersebut. Trainer perbaikan televisi menjadi media pelatihan atau pembelajaran praktikum bagi peserta didik program keahlian teknik audio video di SMKN 1 Bulakamba Brebes untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran Perekayasaan system radio dan televisi. (rs1/lis)

Guru Teknik Audio Video di SMKN 1 Bulakamba, Kabupaten Brebes

Author

Populer

Lainnya