Pesan Elektronik Sarana Pemberian Tugas Selama BDR

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SETELAH adanya wabah Covid-19 di belahan bumi, sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi untuk proses kegiatan belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan pada tanggal 24 Maret 2020 yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

Pemerintah Indonesia telah mengupayakan berbagai kebijakan untuk meningkatkan kewaspadaan terutama dalam hal mencegah penyebaran kasus Covid 19, diantaranya, mulai dari menerapkan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah hingga mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Program belajar dari rumah dilaksanakan secara mandiri di rumah masing-masing. Adanya kebijakan tersebut membuat orangtua kembali lagi menguatkan perannya untuk menjadi pendidik pertama dan utama bagi anak.

Di SDN 02 Donowangun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan kegiatan belajar dari rumah diselenggarakan secara daring (dalam jaringan). Kegiatan belajar anak tersebut dilaksanakan di rumah dan menjadi tanggungjawab orangtua. Kesiapan belajar dari rumah ini dapat dilihat dari bagaimana orangtua dalam membimbing anak selama belajar di rumah. Tidak semua orangtua siap menjalankan pekerjaan rumah sekaligus menjadi guru pengganti selama BDR.

Baca juga:   Tingkatkan Pemahaman Operasi Bilangan Pecahan dengan Realistic Mathematics Education

Dalam penyampaian berbagai informasi maupun materi pelajaran guru membuat whatsapp grub. Whatsapp grub merupakan salah satu saran penyampaian pesan elektronik yang paling mudah digunakan saat ini. Melalui Whatsapp grub, guru memberikan berbagai tugas-tugas yang harus dikerjakan selama BDR. Pesan elektronik adalah sarana kirim mengirim surat atau pesan melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).

Harapan kita semua saat ini adalah agar pendemi segera berakhir dan sekolah dapat membuka kegiatan belajar mengajar cecara tatap muka. (gb2/zal)

Guru SDN 02 Donowangun, Kabupaten Pekalongan.

Author

Populer

Lainnya