Pembelajaran Matematika SD Kelas V di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Rinawati, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran matematika merupakan salah satu muatan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Pembelajaran matematika di sekolah dasar tidak hanya berorientasi pada penguasaan materi matematika saja. Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, pembelajaran yang dilakukan secara daring memanfaatkan teknologi informasi sebagai media untuk pelaksanaan pembelajaran.

Pemanfaatan teknologi harus menjadi acuan bagi guru untuk mampu menghadirkan proses pembelajaran yang memberikan ruang gerak bagi siswa untuk mampu bereksplorasi, memudahkan interaksi serta kolaborasi antar siswa maupun siswa dengan guru utamanya dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas V di sekolah dasar. Menurut Piaget, siswa sekolah dasar yang rata-rata berusia 6-11 tahun berada pada tahap operasional konkrit (Bujuri, 2018). Oleh sebab itu di dalam menanamkan konsep dasar matematika untuk siswa sekolah dasar sebaiknya dimulai dari penyajian materi yang konkrit kemudian dengan penyajian materi semi konkret dan dilanjutkan dengan penyajian materi secara abstrak dengan menggunakan simbol-simbol matematika.

Dalam praktiknya pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 01 Kemuning Kecamatan Ampelgading tidak dapat diterapkan secara efektif dan maksimal, karena beberapa kendala. Biasanya guru hanya meminta siswa untuk mengerjakan tugas di buku siswa. Lalu dikumpulkan melalui grup whatsapp yang telah dibuat. Pembelajaran matematika di sekolah dilaksanakan secara daring dengan memberikan anak-anak tugas yang biasanya guru buat, lalu dibagikan di group whatsapp atau terkadang meminta anak-anak mengerjakan di buku siswa. biasanya diberi tenggang waktu untuk mengerjakan tugas tersebut. Jadi ada waktu kapan terakhir anak dapat mengumpulkan tugas dengan memfoto lembar jawaban atau hasil karya anak lalu mengirimkannya di group whatsapp yang telah disediakan. Cara lainnya yaitu dengan memberikan LKS yang guru bagikan selama 1 minggu sekali. Orang tua diminta ke sekolah untuk mengambil tugas yang telah disusun guru. Selain mengambil tugas, orang tua dan anak datang ke sekolah juga diminta mengumpulkan tugas yang telah diberikankan pada minggu yang lalu.

Baca juga:   Problem Based Learning Tingkatkan Hasil Belajar Materi IPA di SD

Apakah dampak yang dirasakan selama proses pembelajaran matematika selama pandemi Covid-19 ? Dampak yang guru rasakan diantaranya adalah tidak dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan maksimal, karena tidak dapat memberikan feedback secara langsung dan cepat ketika ada pertanyaan dari peserta didik. Dampak bagi anak, dari pembelajaran matematika selama pandemi Covid adalah kurangnya pemahaman anak ketika diberi penjelasan secara online, karena matematika itu abstrak ketika tidak dijelaskan menggunakan media. Hal tersebut membuat orang tua harus meluangkan waktu lebih untuk mengajari anaknya. Pembelajaran matematika memerlukan bimbingan atau penjelasan dari guru ataupun orang tua. Jadi ketika pembelajaran matematika, orang tua saat pandemi Covid-19 ini harus berperan aktif untuk mengajari anaknya agar memahami materi yang guru jelaskan. Orang tua harus meluangkan waktu lebih untuk memberikan pendampingan kepada anaknya. Selain itu, orang tua juga harus membeli kuota internet yang lebih banyak setiap bulannya karena tuntutan dari sekolah untuk mengumpulkan tugas melalui whatsapp. Tidak hanya untuk anaknya, orang tua yang memiliki handphone canggih juga disibukkan dengan mengirim tugas milik peserta didik yang lain yang rumahnya berdekatan.

Baca juga:   Belajar IPS Kreatif dan Menyenangkan dengan Peta Minda

Dampak positifnya adalah guru, orang tua dan anak menjadi lebih melek teknologi, mengenal atau melek teknologi. Jika dulu belajar hanya melalui tatap muka langsung, sekarang berbagai elemen sudah mengenal whatsapp, google classroom, dan lainnya. Mereka mulai membudayakan untuk dapat belajar secara daring di mana saja dan kapan saja. Begitulah proses pembelajaran matematika dan dampaknya selama pembelajaran daring di sekolah kami SD N 01 Kemuning. (ag2/ton)

Guru SD N 01 Kemuning Kec. Ampelgading Kab. Pemalang

Author

Populer

Lainnya