Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penelitian Tindakan Kelas

Oleh : Kusnipah,S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam meningkatkan mutu belajar merupakan sorotan utama dalam bidang Pendidikan, sehingga dapat diperoleh output maksimal sesuai harapan. Melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siswa SD merupakan salah satu cara tepat untuk membuat praktisi pendidikan agar dapat belajar secara berkualitas. Namun, seringkali yang menjadi problem utama adalah para peneliti yang tidak memberikan sebuah solusi nyata bagi pelaku pendidikan. Dalam artian mereka cenderung kurang peduli dengan pengaplikasiannya, akan tetapi lebih menonjolkan sisi menarik untuk publikasi karya ilmiahnya.

Tujuan utama dari pembuatan PTK tersebut tentu untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta meberikan motivasi dan variasi pembelajaran yang beragam kepada guru. Dengan demikian maka keluaran ataupun output yang diharapkan akan terwujud.

Penelitian Tindakan Kelas atau disebut PTK adalah penelitian yang mengangkat masalah-masalah yang aktual yang dilakukan oleh para guru yang merupakan pencermatan kegiatan belajar yang berupa tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional (Taniredja, Pujiati dan Nyata, 2010:16-17). Penelitian Tindakan Kelas menurut Wahidmurni & Ali (2008:14) diartikan sebagai upaya atau tindakan yang dilakukan oleh guru atau peneliti untuk memecahkan masalah pembelajaran melalui penelitian.

Baca juga:   Menghidupkan Cerita Fantasi Siswa dengan Pokar

Penerapan penggunaan PTK di SD Negeri 01 Mojo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang diharapkan akan meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri serta dapat dilakukan oleh guru dengan membuat karya ilmiah untuk diterapkan beberapa hal supaya menarik dan dapat diaplikasikan secara langsung. Misalnya saja karya ilmiah yang dibuat harus terjadi secara dua arah, yakni kolaborasi antara peneliti dengan praktisi atau guru. Bahkan bisa juga tenaga ajar yang menjadi tenaga ajar menjadi peneliti sekaligus, sehingga dapat mengevaluasi diri secara mendalam dengan hasil yang akurat pada PTK di kelasnya, mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Sebagai seorang guru tentunya sudah pasti kesehariannya selalu berinteraksi dengan pesereta didik secara natural dan alamiah, sehingga harapannya dapat diperoleh data yang benar-benar akurat. Dan dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas ini pun dalam rangka mencari solusi belajar yang lebih baik tidak asal coba- coba saja. selain itu solusi yang diberikan harus berdasarkan refleksi data-data yang diperoleh secara berulang supaya dihasilkan sesuatu yang benar-benar bermanfaat, sesuai aturan, efektif dan efisien. Serta yang paling penting adalah dapat diaplikasikan oleh guru maupun siswa secara langsung. Oleh karena pembuatan karya ilmiah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ini harus dilakukan secara hati-hati, apalagi menyangkut tingkah laku seseorang. Sebab hal ini sangat rawan jika membuat data tidak akurat karena bisa jadi objek sadar dan melakukan kegiatan yang dibuat-buat.

Baca juga:   Pendekatan Realistic Mathematic Education dalam Belajar Volume Kubus

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), sesuai dengan namanya maka ada tiga kata yang masing-masing kata mempunya pengertian. Adapun pengertian tiap kata tersebut yaitu: Penelitian-merupakan kegiatan ilmiah dengan menggunakan metode yang berdasarkan fakta untuk menemukan, membuktikan, mengembangkan dan mengevaluasi suatu pengetahuan, dalam hal ini dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Berkenaan uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwasannya tujuan dibuatnya Penelitian Tindakan Kelas ini nantinya bisa diterapkan di SD Negeri 01 Mojo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang adalah semata-mata untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (ag2/ton)

Guru SD Negeri 01 Mojo Kecamatan Ulujami

Author

Populer

Lainnya