Cerita Rakyat Memanfaatkan Voice Note sebagai Alternatif PJJ Bahasa Jawa

Oleh: Ernaeini, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sudah setahun lebih pandemi Covid-19 melanda bangsa Indonesia. Pemerintah memutuskan menerapkan kebijakan untuk menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Termasuk di sekolah penulis, SMK Negeri 1 Ampelgading, Kabupaten Pemalang.

Pendidikan di masa sekarang ini memiliki tantangan tersendiri bagi pendidik untuk menyampaikan materi secara langsung sesuai dengan kompetensi. Begitu pula dengan peserta didik yang tidak bisa bertanya secara langsung dengan mata pelajaran yang sekiranya belum jelas atau paham dengan materi yang disampaikan oleh pendidik. Tantangannya adalah bagaimana pendidik dapat menjadikan bahasa jawa menjadi salah satu mata pelajaran yang disukai dengan kekurangan kondisi selama pandemi.

WhatsApp adalah salah satu media komunikasi yang bisa dimanfaatkan selama pandemi sebagai sarana pembelajaran jarak jauh. WhatsApp adalah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan teks, gambar, suara maupun video tanpa menggunakan pulsa, karena WhatsApp menggunakan paket data internet. Kelebihan menggunakan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran adalah mudah digunakan, dan ringan dijalankan di ponsel cerdas. Menggunakan semua fitur WhatsApp tidak dikenakan biaya tambahan, selama ponsel cerdas terhubung dengan jaringan internet, pengguna bisa mengirim pesan teks, audio, dan video. Sedangkan kekurangannya adalah aplikasi WhatsApp rentan untuk diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Diperlukan kehati-hatian, saat menerima pesan yang meminta kita untuk mengirimkan kode otentikasi, kita tidak boleh sembarang memberikannya untuk menghindari peretasan.

Baca juga:   PTM dan PJJ Kimia Asyik dengan Power Point dan Google Meet

Salah satu fitur WhatsApp yang dapat dimanfaatkan secara optimal dalam pembelajaran bahasa jawa adalah fitur voice note. Fitur ini dapat meringankan para peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan fitur ini, pada Grup WhatsApp kelas bisa lebih komunikatif, siswa tidak perlu mengetik teks pesan yang tentunya waktu pembelajaran yang terbatas bisa lebih optimal. Materi pembelajaran unggah-ungguh, maca aksara jawa, dan tembangan bisa tersampaikan lebih jelas menggunakan pesan audio.

Penggunaan fitur WhatsApp berupa voice note juga dapat dimanfaatkan pada materi cerita rakyat. Dalam materi cerita rakyat, peserta didik mendengar, menyimak, dan menceritakan cerita rakyat melaui pesan suara. Pendidik pun dimudahkan dalam melakukan penilaian praktik. Di awal pembelajaran guru menyapa, dan memandu siswa berdoa, serta menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menggunakan pesan suara, lalu melakukan sesi tanya jawab singkat, memotivasi siswa dan mengingatkan untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin. Selanjutnya guru mengirimkan tautan video pembelajaran mengenai cerita rakyat, dan guru menceritakan kembali isi cerita secara lisan, untuk diamati, dan ditiru peserta didik, tidak lupa menanyakan kembali bagaimana pendapat peserta didik mengenai teknik guru dalam menceritakan kembali. Guru memberikan pertanyaan untuk dibahas oleh siswa secara berkelompok, boleh memanfaatkan buku paket, maupun internet sebagai sumber belajar, dan hasil diskusi dipresentasikan melalui voice note di grup kelas. Peran guru menambahkan teknik bercerita, dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat menceritakan kembali. Guru menanyakan untuk mengukur pemahaman peserta didik mengenai menceritakan cerita rakyat, dan diakhir pembelajaran guru meminta peserta didik untuk menceritakan cerita rakyat menggunakan pesan suara.

Baca juga:   Dengan VN Belajar Nembang Jadi Gampang

Sebagai guru bahasa Jawa, masa pendemi ini menyulitkan untuk mengajarkan materi bahasa jawa khususnya aspek keterampilan, fitur pesan suara dalam aplikasi WhatsApp memudahkan pendidik dalam melakukan penilaian praktik. Pesan audio memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan harus mengirim pesan berupa video. Di lingkungan peserta didik yang memiliki jaringan internet susah (daerah terpencil) kemungkin dengan model ini dapat meringankan atau memudahkan peseta didik dalam belajar. Voice note bisa dijadikan sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. (ag2/ton)

SMK Negeri 1 Ampelgading, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya