PJJ Menyenangkan Menggunakan Elektronik LKPD Berbasis Liveworksheets

Oleh : Novianingsih, S.Pd.SD.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia sejak Maret 2020 silam. Hal ini memberikan dampak yang besar pada semua aspek kehidupan. Salah satunya adalah dunia pendidikan yang juga merasakan dampaknya. Pemerintah memutuskan untuk menghentikan pembelajaran tatap muka dan digantikan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Guru yang tidak kreatif berdampak siswa menjadi bosan dan tidak bersemangat dalam menjalani pembelajaran jarak jauh. Oleh sebab itu, guru dituntut kreatif dalam membuat perangkat pembelajaran mulai dari bahan ajar, media, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan evaluasi menggunakan beragam media supaya peserta didik dapat lebih mudah dan semangat.

LKPD adalah salah satu perangkat pembelajaran yang harus disiapkan guru ketika mengajar. LKPD merupakan sarana untuk membantu dan mempermudah kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. Manfaat LKPD adalah mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran, membantu mengembangkan konsep, melatih menemukan dan mengembangkan ketrampilan proses, sebagai pedoman bagi pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran.

LKPD interaktif merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran yang terdiri dari materi dan latihan soal yang dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti komputer atau HP. Salah satu bentuk LKPD interaktif yaitu penggunaan LKPD elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah e-LKPD. LKPD elektronik merupakan lembaran latihan peserta didik yang dikerjakan secara digital dan dilakukan secara sistematis sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi Covid-19. LKPD elektronik ini dirancang dan dikreasikan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran berdasarkan kreativitas masing-masing guru. Guru dapat menyampaikan tugas dan melakukan penilaian secara online melalui tautan yang telah dibagikan. Selain itu, tampilan pada e-LKPD dapat disajikan lebih menarik sesuai dengan kreativitas guru.

Baca juga:   Belajar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak dengan Peer Teaching

Salah satu contohnya adalah LKPD elektronik menggunakan aplikasi Liveworksheets. Aplikasi Liveworksheet dapat diakses pada halaman www.liveworksheets.com. Untuk dapat membuat LKPD elektronik dengan aplikasi tersebut, terlebih dahulu harus melakukan registrasi sehingga para guru memiliki akses pada Liveworksheet. Setelah membuat akun, guru dapat mengupload LKPD yang sebelumnya telah dibuat dalam format file PDF menjadi LKPD elektronik yang nantinya bisa diakses oleh peserta didik melalui link LKPD yang dibagikan oleh guru.

LKPD elektronik yang dibuat melalui aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu mudah digunakan, praktis, dan memiliki berbagai fitur yang dapat membuat LKPD menjadi lebih menarik. Guru dapat membuat atau menyisipkan materi, video pembelajaran, link, audio dan berbagai macam jenis soal seperti soal pilihan ganda, isian singkat, drop & down, dan lainnya. Selain itu, jawaban LKPD yang telah dikerjakan oleh peserta didik akan dikirim ke akun dan email guru yang telah didaftarkan sebelumnya kemudian secara otomatis nilai dari peserta didik akan diproses oleh sistem. Guru tidak perlu mengoreksi secara manual jawaban dari peserta didik. Guru hanya tinggal memasukkan nilai pada daftar nilai peserta didik.

Baca juga:   Menulis Narasi Lebih Mudah dengan Media Gambar Seri

Penulis menyimpulkan penggunaan LKPD elektronik berbasis Liveworksheets menjadi solusi yang sangat tepat dan efektif di masa pandemi ini. Guru lebih kreatif menyajikan materi untuk peserta didiknya dan peserta didik lebih semangat dan antusias dalam melaksanakan pembelajaran daring. Jadi bukan hal yang sulit lagi bagi guru untuk menyajikan LKPD yang menarik bagi peserta didik jika memanfaatkan Liveworksheets dalam pembelajaran. (ss1/ton)

Guru SD Negeri Gendongan 01 Salatiga

Author

Populer

Lainnya