PJJ IPA dengan Google Sites

Oleh : Aziz Chakim, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran IPA di masa pandemi Covid-19 memerlukan adanya media pembelajaran alternatif yang bisa membuat peserta didik tertarik dan tidak mudah bosan. Azhar Arsyad (2010) mengatakan media adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pengajaran. Rifa’i (2012) menjelaskan media pembelajaran merupakan alat/wahana yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran untuk membantu penyampaian pesan.

Salah satu media pembelajaran jarak jauh yang saat ini relatif memenuhi adalah media website google sites. Google sites adalah sebuah website yang digunakan untuk keperluan kelompok atau pribadi. Google sites merupakan cara termudah dalam membuat informasi yang bisa diakses oleh orang yang membutuhkan secara cepat, dan orang-orang dapat bekerja sama dalam situs untuk menambahkan berkas file lampiran serta informasi dari aplikasi google lainnya seperti google docs, sheet, forms, calender, dan lain sebagainya. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan google sites dapat menunjang pembelajaran.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka penulis menggunakan media website google sites dalam pembelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 4 Batang pada pokok bahasan pencemaran lingkungan dan tata surya. Adapun langkah-langkah pembuatannya yaitu pertama, mengumpulkan bahan-bahan atau materi yang akan diunggah ke website meliputi profil, kumpulan foto, gambar, kalender pendidikan, perangkat pembelajaran, materi pembelajaran dalam bentuk dokumen maupun powerpoint, video pembelajaran, kuis, dan rekap nilai. Setelah itu membuka google sites dengan alamat https://sites.google.com, kemudian melakukan log in sehingga tampak tampilan halaman utama google sites.

Baca juga:   Belajar Ungkapan dengan Numbered Heads Together

Langkah selanjutnya yaitu klik new, tombol lingkaran dengan tanda “+” yang berada di pojok kanan bawah halaman. Dengan cara ini maka halaman situs baru akan dibuka. Masukkan judul halaman utama, mengkreasikan isi website pada tiap halaman dengan mengisi profil, gambaran isi web, kumpulan gambar, foto, peta sekolah pada halaman muka atau utama. Halaman selanjutnya diisi dengan dokumen persiapan/perangkat pembelajaran meliputi kalender pendidikan, rincian minggu efektif, program tahunan (prota), program semester (promes), silabus, dan RPP IPA. Kemudian halaman materi pencemaran lingkungan dan tata surya diisi dengan uraian materi pelajaran dalam bentuk dokumen, powerpoint, video pembelajaran, kuis, dan rekap nilai. Semua bahan/materi yang diunggah di google sites ini disimpan pada google drive dengan pengaturan bagikan ke semua orang yang memiliki link agar isi materi dapat diakses. Setelah desain, pemberian nama/judul, tata letak dan konten web sudah lengkap, langkah terakhir adalah menerbitkan website google sites ini. Untuk menerbitkannya dilakukan dengan klik publish di bagian atas pada halaman google sites, kemudian website bisa diakses dengan URL.

Baca juga:   “Dasi” dalam IPA Meningkatkan Kesiapsiagaan Masa Pandemi Covid-19

Dalam penerapannya, pembelajaran IPA menggunakan google sites ini dilakukan dengan cara guru melakukan kegiatan pendahuluan pada langkah awal yang meliputi kegiatan menyapa, mengucapkan salam, berdoa, presensi, memberikan apersepsi dan motivasi. Langkah kedua guru melakukan kegiatan inti menyajikan pembelajaran melalui WA grup dan google classroom pada materi pencemaran lingkungan maupun tata surya dengan memanfaatkan media website google sites yang telah dibuat. Peserta didik mengakses materi pembelajaran dan melakukan kegiatan diskusi. Kemudian untuk kegiatan akhir pembelajaran berupa penutup, dilakukan dengan penguatan materi, umpan balik, dan kegiatan evaluasi. Untuk evaluasi ini peserta didik mengakses konten evaluasi berupa google form yang sudah diunggah di website google sites.

Pembelajaran IPA dengan google sites yang diterapkan oleh penulis, ternyata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Suasana belajar menjadi lebih aktif dan menyenangkan dengan media ini sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif. (bs2/lis)

Guru IPA SMP Negeri 4 Batang

Author

Populer

Lainnya