Microsoft Teams 365 Tingkatkan Pemahaman Proses Pembentukan Tanah dalam Pembelajaran IPA

Oleh : Ima Ari Handayani, M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut profesionalitas guru dalam mendidik. Profesionalitas guru sangat berperan dalam membentuk wawasan, keterampilan, dan intelektual peserta didik. Guru sebagai pengajar harus mampu mendobrak keadaan peserta didik menjadi individu yang mampu mengembangkan pengetahuan, ketrampilan nilai dan sikap. Salah satu mata pelajaran yang ikut berperan penting dalam pendidikan wawasan, keterampilan dan sikap ilmiah bagi peserta didik adalah ilmu pengetahuan alam (IPA).

Sejak ada wabah Covid-19 pemerintah memutuskan kebijakan menerapkan metode belajar dengan sistem daring atau online. Sistem pembelajaran daring merupakan sistem tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi melalui online melalui jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun siswa berada di rumah. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, guru menjadi komponen utama yang menentukan kualitas pendidikan salah satunya bergantung pada kompetensi guru debagai pelaku pendidikan.

Guru dituntut mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring yang tepat dan sesuai dengan materi pembelajaran. Metode pembelajaran memegang peran yang sangat penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Untuk pencapaian prestasi peserta didik yang maksimal diperlukan metode yang lebih menarik dalam pembelajaran daring IPA.

Baca juga:   Belajar Jenis-Jenis Pekerjaan Lebih Seru melalui Ular Tangga

Aplikasi Microsoft team 365 merupakan salah satu aplikasi Microsoft yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA khususnya materi pembentukan tanah. Pembelajaran daring menggunakan Microsoft team 365 merupakan solusi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Dengan mengaplikasikan teknologi pada materi pembelajaran, guru bisa menampilkan gambar, video, serta membuat desain materi pembelajaran lebih menarik. Peserta didik lebih antusias mengikuti pembelajaran karena pembelajaran tidak lagi monoton dan membosankan. Guru dapat membuat materi pembelajaran menggunakan media power point yang mudah digunakan dan berisi berbagai menu yang mempermudah proses pembelajaran daring. Disamping itu proses pembelajaran daring dengan power point dapat meningkatkan proses pembelajaran, meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan pembelajaran sesuai tujuan yang diharapkan.

Secara tidak langsung pandemi Covid-19 menuntut guru untuk lebih melek teknologi informasi. Langkah-langkah pembelajaran daring ini adalah guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dengan power point. Melalui power point guru juga menampilkan video pembelajaran, peserta didik diminta untuk menyimak materi. Setelah peserta didik menyimak materi dari power point dan video pembelajaran, guru memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi yang diberikan untuk mengetahui bahwa peserta didik sudah memahami atau belum. Adapun review dapat dilakukan dengan kuis singkat dengan menggunakan aplikasi 365.
Keberhasilan dalam pembelajaran daring menuntut guru mampu berinovasi merancang metode pembelajaran dan aplikasi apa yang sesuai dengan metode tersebut. Kreatifitas guru merupakan kunci sukses untuk memotivasi peserta didiknya tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran daring khususnya materi IPA pembentukan tanah.

Baca juga:   Memakai Messenger Room Bersama 32 Siswa dalam Kelas Online

Kesuksesan pembelajaran daring juga tergantung pada kedisiplinan guru, peserta didik dan orang tua. Meskipun pembelajaran daring, sapaan, respons, dan umpan balik terhadap tugas yang telah dikerjakan peserta didik merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Apresiasi terhadap pekerjaan peserta didik perlu diberikan guru agar tujuan pembelajaran bisa tercapai.
Mengajar bukan hanya memberikan materi pelajaran untuk peserta didik agar mengetahui dan mempelajarinya tetapi harus memperhatikan kondisi peserta didiknya. Setiap peserta didik memiliki talenta dan karakter yang berbeda yang bisa digali kreativitasnya dan dikembangkan sesuai karakter masing-masing. (bs2/lis)

Guru SMPN 10 Salatiga

Author

Populer

Lainnya