Membangun Kepercayaan Diri melalui Aplikasi TikTok dalam Pembelajaran Matematika

Oleh : Sri Waluyo Prihastuti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Matematika masih menjadikan momok bagi peserta didik di manapun. Seakan-akan matematika itu merupakan mata pelajaran yang sangat sulit karena membutuhkan pemikiran yang luar biasa, sehingga banyak dari peserta didik maupun orangtua saking takutnya memprioritaskan mata pelajaran tersebut untuk mengikuti ke bimbingan belajar terdekat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mensosialisaikan program Merdeka Belajar kepada setiap pembelajaran. Dalam pembelajaran Merdeka Belajar meminta kepada peserta didik untuk memanfaatkan sumber belajar apapun yang ada di lingkungan sekitarnya untuk dapat mengembangkan potensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki oleh peserta didik. Termasuk media sosial yang saat ini tren untuk dapat digunakan oleh peserta didik guna meningkatkan kompetensi pembelajaran pada mata pelajaran yang diajarkan.

Dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini yang telah berjalan hampir satu setengah tahun. Bahkan kemungkinan akan dilalui oleh peserta didik lebih lama lagi bila angka penularan covid-19 terus meningkat. Nah, untuk membuat peserta didik menjadi percaya diri dalam mengerjakan soal-soal matematika dengan menggunakan rumus-rumus yang ada maka kita sebagai guru mata pelajaran matematika dapat memanfaatkan tren anak-anak muda sekarang dalam teknologi informatika berupa TikTok.

Baca juga:   Pengajaran Bahasa Inggris Asyik dengan Sway

TikTok adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang sudah diadaptasi dengan lingkungan di sekitar kita. Aplikasi tersebut memperbolehkan para pemakai untuk membuat video pendek mereka sendiri. Masa pandemi ini membuat banyak orang-orang semakin kreatif dan memunculkan hal-hal baru salah satunya membuat video TikTok tentang pembelajaran. Bukan lagi menulis di kertas atau pengiriman tugas dalam bentuk file word, guru ataupun dosen menjadikan video TikTok tidak hanya disuguhkan untuk para penonton semata, tetapi juga dijadikan sebagai wadah untuk pengumpulan tugas peserta didik dalam bentuk video singkat TikTok.

Nah, untuk membangun percaya diri peserta didik dalam pelajaran matematika dapat juga memanfaatkan aplikasi TikTok ini. Yaitu peserta didik yang sudah bisa menyelesaikan soal matematika kemudian merekam dengan video bagaimana cara menyelesaikannya atau mengerjakannya. Peserta didik dapat juga memberikan variasi musik dalam video tersebut untuk menambah keasyikan agar dalam belajar tidak terlalu tegang atau spaneng. Setelah itu, peserta didik mengumpulkan video tersebut ke guru mata pelajaran matematika. TikTok matematika ini bisa dijadikan materi tutor sebaya bagi teman-teman sekelasnya yang belum bisa menyelesaikan soal matematika dengan tema yang sama. Nah, dengan keasyikan aplikasi ini akan memberikan kepercayaan diri anak untuk senang dan mampu menyelesaikan soal-soal matematika yang diberikan oleh guru. Selamat mencoba. (ss1/ton)

Baca juga:   Senangnya Belajar Presconten Sambil Bernyanyi

Guru SMP Negeri 8 Salatiga

Author

Populer

Lainnya