Layanan Konkonmelek WA Bimbingan Konseling di Masa PJJ

Oleh: Hesti Juniarti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PADA masa pandemi Covid-19 penyelenggaraan pembelajaran melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) . Kebijaksanan pendidikan dimasa Pandemi Covid-19 mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga pendidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya Pemenuhan layanan pendidikan selama pandemic Covid-19.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini Bimbingan Konseling SMP Negeri 6 Salatiga memberikan layanan semaksimal mungkin pada peserta didik melalui PJJ dengan menyelenggarakan Layanan Konkonmelek WA, kepanjangan dari layanan konsultasi konseling melalui media elektronik WhatsApp. Hal ini sesuai dengan apa yang tertulis pada buku Panduan Operasinal Penyelenggaraan Bimbungan Konseling SMP yang diterbitkan Kemendikbud DirJen GTK Tahun 2016. pada halaman empat puluh tujuh, yaitu layanan responsive konseling melalui media elektronik.

Layanan konkonmelek WA dirasa sangat efektif diselenggarakan pada keadaan masa pandemi sekarang ini, dimana layanan kolaborasi antara guru BK dan orang tua terjalin dengan hangat dan baik untuk bisa saling memantau, mendampingi dan membimbing peserta didik, dengan cara konsultasi pada orang tua dirumah dilanjutkan dengan konseling Individu pada peserta didik melalui WA. Tujuan layanan ini kita dapat mengupayakan agar para peserta didik memiliki pergaulan yang baik dan sehat sehingga kualitas hidupnya akan meningkat sebagai pondasi untuk tumbuh menjadi dewasa sehingga tidak mudah terjerumus ke dalam pergaulan kurang baik atau kurang sehat. Serta membantu membentuk karakter anak supaya menjadi lebih baik.

Baca juga:   Serunya Belajar Iman kepada Malaikat Allah dengan Metode TGT

Layanan konkonmelek WA merupakan wujud perhatian dan kasih sayang karena kurangnya perhatian dan kasih sayang maka peserta didik akan bisa terjerumus dalam pergaulan tidak sehat. Seperti terjerumus dalam pergaulan freesex, narkoba, minum minuman keras biasanya karena tidak memperoleh kasih sayang dan perhatian terutama dari keluarga orang 2 dewasa disekitarnya seperti guru, dan kebetulan peserta didik tersebut mendapat suatu komunitas tertentu dipergaulan yang kurang baik tetapi dia bisa diterima di komunitas tersebut apa adanya karena biasanya aturannya longgar apa aja diperbolehkan sehingga dia merasa nyaman dikomunitas tersebut.

Ada dua kegiatan dalam layanan Konkonmelek WA: pertama layanan konsultasi dengan orang tua peserta didik yang bersangkutan. Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan saluran sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak. Orang tua melaksanakan tugas-tugas pengasuhan anak sebagai seorang pendidik berdasarkan prinsip-prinsip cinta kasih, tanpa pamrih dan keberanian moral, sebelum pendidikan-pendidikan yang lain. Kedua layanan konseling Individu pada peserta didik yang semuanya dilakukan melalui WA. Apabila diperlukan dan disara perlu dapat dilakukan melalui telepon dan home visit.

Apa yang dikonsultasikan dan dikonselingkan antara lain: Cara yang paling mudah dengan cara mengenal teman temannya, siapa sih temannya dan latar belakangnya bagaimana, rumahnya dimana dan tempat berkumpulnya dimana. Ini bisa diketahui apabila ada pola komunikasi yang baik antara orang tua dan peserta didik misalnya anak bila akan bepergian akan pamit dan memberitahukan akan kemana dan pulang jam berapa, apabila ada komunikasi yang baik maka akan terdeteksi anaknya dimana. Ada juga anak yang berbohong untuk menutupi kepentingan apabila dia jujur tidak mendapat ijin dari orang tua.

Baca juga:   Tak Sulit Menyelesaikan Soal Cerita pada Matematika

Tetapi pengawasan juga jangan terlalu ketat supaya anak belajar diberi kepercayaan sehingga dia belajar diberi tanggung jawab dari keputusan atau kesepakatan yang telah diambil. Biarkan anak bisa bergaul secara normal dengan teman temannya, orang tua cukup mengawasi dari jauh dan apabila menyimpang baru ditegur. Disamping itu perlu memberi bimbingan agama sedini mungkin sehingga anak mempunyai kontrol perilaku yang kuat dalam pergaulan apabila melakukan kesalahan agar merasa takutnya kepada Tuhan. Termasuk pengawasan dalam penggunaan media yang saat ini berkembang sangat pesat. Orang tua dapat mengenali bakat dan minat sehingga bisa menyalurkannya dengan positif dalam pergaulan yang baik.

layanan Konkonmelek WA merupakan bukti bahwa penyelenggaraan layanan Bimbingan konseling di Sekolah melalui PJJ dapat diselenggarakan dan melayani peserta didik secara maksimal. Oleh karena itu para guru BK disekolah mari tunjukan eksistensi kita agar layanan Bimbingan Konseling tidak dipandang sebelah mata, ternyata Bimbingan konseling dapat eksis dalam situasi apapun. Mari kita sebagai sesama guru BK berusaha melayani peserta didik kita dengan sebaik- baiknya agar perkembang sesuai dengan tugas perkembangnya dan bisa menggapai harapan yang menjadi cita-citanya. (ss1/zal)

Guru SMPN 6 Salatiga

Author

Populer

Lainnya