Menumbuhkan Pembiasaan Cuci Tangan bagi Anak TK

Oleh: Sri Jartutis, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBIASAAN dapat di artikan dengan proses membuat sesuatu/seseorang menjadi terbiasa. Dalam kaitannya. Pembiasaan adalah hal yang positif yang harus dilakukan setiap saat dan lebih tepatnya merupakan kedgiatan rutinitas yang harus dilakukan oleh setiap siswa, guru di Taman Kanak-Kanak. Pembiasaan cuci tangan bagi anak Taman Kanak-kanak merupakan hal yang sulit, apalagi anak usia dini atau Taman kanak-kanak. Setiap kali menjelanh istirahat guru harus senantiasa mengingatkan supaya tidak lupa cuci tangan. Hal ini dilakukan sebelum anak jajan. Makan bekal, dari kamar mandi, habis bermain dan setiap selesai melakukan aktivitas lainnya.

Menurut Syarbini (2014: 87) pembiasaan yang dilakukan sejak dini/sejak kecil akan membawa kegemaran dan kebiasaan tersebut menjadi semacam adat kebiasaan sehingga menjadi bagian tidak terpisahkan dari kepribadiannya.

Tujuan Pendidikan anak Taman Kanak-Kanak (TK) adalah untuk membentuk anak menjadi individu yang mandiri dan mempunyai kemempuan diri untuk menuju kearah kehidupan yang lebih baik. Sebelumnya siswa diberikan pengetahuan pentingnya pembiasaan cuci tangan yang benar. Setiap hari kita melakukan aktivitas dengan menggunakan tangan. Jadi tangan merupakan sumber penyakit bagi siswa yang malas untuk cuci tangan.

Baca juga:   Melatih Siswa Berpikir Kritis melalui Model Demonstrasi Bisu

Dengan memberikan contoh cara cuci tangan yang baik dan benar diharapkan anak anak akan terbiasa untuk mencuci tangan. Cara mencuci tangan yang benar adalah : dilakukan di air mengalir, menggunakan sabun, membasuh sampai pergelangan tangan, membersihkan telapak tangan, membasuh punggung tangan, membershgkan sela – sela jari, dan membersihkan kuku-kuku jari.

Kegiatan ini di TK Ade Irma Suryani Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan dilakukan setiap pagi ketika anak baru dating di sekolah. Guru menjemput di pintu gerbang anak alangsung diarahkan untuk mencuci tangan. Disamping itu juga di lakukan pada waktu menjelang istirahat dan ketika akan masuk kelas lagi. Guru memperhatikan dan membimbing anak dalam mencuci tangan yang benar. Hal ini dilakukan seacara rutin sehingga menjadi pembiasaan bagi anak-anak.

Pembiasaan cuci tangan ini harus dilakukan dimanapaun sehabis melakukan aktivitas. Baik di sekolah maupun di rumah. Pengetahuan yang benar yang diberikan oleh seorang guru akan menjadi motivasi yang sangat mengispirasi peserta didik. Hal ini merupakan bagian dari Pendidikan karakter anak. Pendidikan karakter merupakan Gerakan Nasional untuk menciptakan anak didik yang nantinya akan menjadi generasi yang bertanggung jawab, peduli, berakhlak mulia, berkualitas dan selalu melakukan pembiasaan -pembiasaan yang baik. Hal hal lain yang menunjang keberhasilan pembiasaan cuci tangan antara lain : tersedianya air yang cukup, tempat cuci tangan yang sebanding dengan jumlah siswa, tersedianya sabun cuci tangan. Dalam hal ini peran orang tua dan masyarakat juga sangat penting, mengingat lingkungan sekolah sangatlah kritis terhadap pembiasaan – pembiasaaan yang di lakukan di sekolah. Pembiasaan yang baik akan di dukung penuh dan segera bisa dilaksanakn sebagai kegiatan rutin di sekolah. (lbs1/zal)

Baca juga:   Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa dengan Strategi Terbimbing

Guru TK Ade Irma Suryani, Kendal

Author

Populer

Lainnya