Covid-19, Siswa Minat Pelajari Virus dan Bakteri secara Online

Oleh : Marsini S.Pd. M.A

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di musim iklim yang tidak menentu seperti yang disampaikan oleh BMKG ( Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yang memiliki tugas di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika, menyampaikan informasi berkenaan dengan perubahan iklim.

Sehingga pada perubahan cuaca, dari musim penghujan kemusim kemarau (orang Jawa bilang musim labuh) banyak orang menderita sakit karena kondisi tubuh tidak fiit akibat faktor iklim. Virus mudah menyerang pada tubuh manusia dengan kondisi lemah.
Itulah alasan siswa kelas VIIIB SMP N1 Brati, Grobogan mempunyai minat kreatif mempelajari virus dengan cara online. Terlebih saat ini masyarakat banyak yang terjangkit penyakit Covid-19. Siswa sangatlah berminat mempelajari materi virus dan bakteri dengan cara online.

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus. Covid -19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru seperti pneumonia.

Covid-19 adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus. Di sini siswa akan mempelajari virus dan bakterinya merupakan mikroba berukuran sangatlah kecil(mikroorganisme). Virus ini tidak bisa bertahan hidup tanpa inang. Keduanya sama -sama bisa menyebabkan infeksi yang berujung komplikasi serius pada tubuh manusia dan bersifat menular.
Virus dan bakteri juga bisa hidup di dalam di permukaan tubuh manusia, mikroorganisme ini juga memiliki berbagai bentuk dan struktur. Maka siswa minat pelajari virus dan bakteri karena ada perbedaan yang sangat tampak secara signifikan.

Baca juga:   Belajar Senyawa Hidokarbon Menyenangkan dengan Mind Map

Perbedaan biologi, bakteri adalah organisme bersel tunggal yang hidup di sekitar kita, termasuk didalam usus, sebagian besar bakteri tidak berbahaya, dan beberapa di antaranya membantu fungsi tubuh manusia. Sementara itu virus bersifat atau membutuhkan inang hidup untuk bertahan hidup.

Virus menginfeksi sel-sel makhluk hidup, termasuk manusia, dan dapat menyebabkan penyakit seperti flu biasa atau Aids. Siswa bersemangat mempelajari virus dan bakteri dengan cara online karena rasa ingin tahunya mengenai virus dan bakteri yang pada 2021 ini banyak orang terkena Covid-19.

Online berasal dari kata on dan line. On artinya hidup, line artinya saluran, pengertian online yaitu keadaan komputer yang terkoneksi atau terhubung ke jaringan internet. Maka kita dapat mengakses internet atau browsing, mencari informasi di internet dan menggunakan media sosial untuk berkomunikasi. Sekarang banyak cara yang bisa digunakan untuk dapat online di internet. Salah satunya dengan mengunakan smartphone yang mempunyai kuota internet atau layanan internet. Dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet maka siswa bisa melakukan connect ke jaringan internet.

Baca juga:   Cycle Learning pada Pembelajaran IPS

Minat siswa kelas VIIIB SMPN 1 Brati,Grobogan dalam mempelajarari virus dan bakteri zaman sekarang sangat tinggi, yakni Covid-19. Perbedaan bakteri dan virus dapat dipelajari siswa secara online. (agu2/lis)

Guru IPA SMPN 1 Brati, Kabupaten Grobogan

Author

Populer

Lainnya