Video Demonstrasi Tingkatkan Kreativitas Peserta Didik

Oleh: Nunuk Andriana,S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN daring menuntut guru untuk aktif melakukan inovasi dalam memberikan materi yang disampaikan. Mata pelajaran IPA yang sebagian besar prosesnya adalah melakukan praktikum tidak bisa hanya memberikan materi dan tugas saja, apalagi ketika menyampaikan materi IPA Fisika. Belajar dari pengalaman dari tahun pertama pembelajaran masa pandemi yang selalu monoton membuat peserta didik jenuh dan bosan.

Hasil belajar IPA peserta didik di SMP Negeri 35 Semarang belum maksimal, untuk itu perlu variasi pembelajaran yang lebih menarik . Salah satu metode pembelajaran yang mudah dilakukan untuk memberi warna dan mengurangi kejenuhan dan kebosanan peserta didik saat belajar daring yaitu dengan memberikan materi dalam bentuk rekaman video atau audiovisual berupa video demonstrasi.

Metode demonstrasi menurut Djamarah (dalam Dede Salim,2018:11) adalah “cara penyajian bahan dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada peserta didik suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik sebenarnya atau tiruan, yang disertai dengan penjelasan lisan”. Video demonstrasi yang penulis gunakan untuk pembelajaran mengkombinasikan dua aplikasi yaitu power point (ppt) dan bandicam.

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Bertanya-Menjawab dengan Metode Team Quis

Adapun keunggulan dari penggunaan metode demonstrasi adalah Peserta didik memahami obyek yang sebenarnya. Peserta didik dibiasakan bekerja secara sistematis. Menghilangkan verbalisme. Peserta didik lebih mudah memahami apa yang dipelajari. Proses pengajaran lebih menarik. Peserta didik dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan, dan mencoba melakukan sendiri.

Untuk aplikasi ppt bukan hal baru bagi guru. Kelebihan dalam menggunakan power point Lebih merangsang peserta didik untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji. Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik. Pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan. Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan. Dapat disimpan dalam bentuk CD/flashdisk. Penyajiannnya dapat dibuat menarik.

Sedangkan aplikasi bandicam bisa di download dan diinstal terlebih dahulu sebelum digunakan. Kita bisa pelajari tutorial menggunakan bandicam di youtube. Bandicam merupakan media pembelajaran berbasis IT yang memungkinkan guru untuk melakukan perekaman video pembelajaran yang dipadukan dengan ppt. Beberapa tahap yang harus dilakukan untuk melakukan pembelajaran dengan bandicam 1) Merumuskan konsep dengan menulis naskah dan menyiapkan materi dalam bentuk file ppt 2) Mempersiapkan peralatan dan properti untuk proses rekaman 3) Menata tempat rekaman agar lebih kondusif dan melakukan simulasi 4) Setelah selesai merekam, lanjutkan ke penyuntingan sampai publikasi video 5) Jangan lupa meminta umpan balik peserta didik.

Baca juga:   Asyiknya, Belajar Sifat Wajib bagi Allah dengan Make A Match

Video demonstrasi materi sifat – sifat cahaya yang penulis buat dan di posting pada google classroom juga memberikan arahan kepada peserta didik untuk membuat video praktikum yang sama dengan memberi kebebasan kepada peserta didik mengekspresikan dirinya dalam melakukan presentasi hasil praktikum, sehingga tugas ketrampilan yang diberikan serasa permainan yang tidak membosankan.

Dengan pembelajaran menggunakan video demonstrasi yang menggabungkan dua aplikasi yaitu ppt dan bandicam dapat membantu peserta didik secara kongkrit untuk memahami pembelajaran, meningkatkan motivasi dan juga kemandirian peserta didik dalam belajar serta melatih kreativitas. Tidak kalah pentingnya membuat rasa kangen terobati karena dapat melihat wajah gurunya di video. Bagaimanapun peran guru tidak bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi. (ipa2/zal)

Guru SMPN 35 Semarang

Author

Populer

Lainnya